Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Vocal Group Di SMP N 1 Bantul

Pendidikan sebagai suatu hal yang sangat penting bagi peradaban manusia diharapkan dapat menciptakan insan yang cerdas dan memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui seluruh mata pelajaran, tidak terkecuali mata pelajaran Seni Budaya submateri seni musik vocal grou...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGARITA, Dida Destri
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45008
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pendidikan sebagai suatu hal yang sangat penting bagi peradaban manusia diharapkan dapat menciptakan insan yang cerdas dan memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui seluruh mata pelajaran, tidak terkecuali mata pelajaran Seni Budaya submateri seni musik vocal group. Pelajaran vocal group merupakan media untuk membentuk karakter siswa melalui kegiatan berkesenian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran vocal group di SMP N 1 Bantul.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi kelas, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan pengamatan dan triangulasi metode. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk diperoleh jawaban atas rumusan masalah.Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran vocal group di SMP N 1 Bantul, baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran sudah mencantumkan nilai-nilai pendidikan karakter yang akan diimplementasikan dalam Silabus dan RPP. Penilaian dilakukan melalui pengamatan menggunakan jurnal penilaian sikap, soal, dan diskusi.