Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Paduan suara mahasiswa Ahda Gitana merupakan salah satu paduan suaramahasiswa yang ada di Yogyakarta. Mayoritas anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana berasal dari kalangan mahasiswa yang tidakmempelajari musik secara formal, selain itu rata-rata anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana masih mi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45010 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Paduan suara mahasiswa Ahda Gitana merupakan salah satu paduan suaramahasiswa yang ada di Yogyakarta. Mayoritas anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana berasal dari kalangan mahasiswa yang tidakmempelajari musik secara formal, selain itu rata-rata anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana masih minim pengalaman dalam bernyayi pada suatukelompok paduan suara. Namun pada tahun 2018 dan 2019, paduan suaramahasiswa ahda gitana mengalami peningkatan prestasi dibanding padatahun sebelumnya dengan mendapatkan medali perak pada lomba paduansuara UGM tingkat nasional, melihat dari peningkatan prestasi tersebutpeneliti mempunyai ketertarikan dan tujuan untuk mengetahui lebih jauhtentang bagaimana pembelajaran yang diterapkan oleh paduan suaramahasiswa ahda gitana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimanapeneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian,proses, aktivitas, terhadap satu orang atau lebih. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah itu penelitimelakukan analisis data, proses analisis data dimulai dari persiapan danpengorganisasian data melalui reduksi data, penyanjian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan yang didapatkan yaitu prosespembelajaran yang diterapkan oleh paduan suara mahasiswa ahda gitana.Proses pembelajaran tersebut meliputi kelas teori musik (one day training),latihan seksional, latihan gabungan, dan konser. Dalam pembahasannyaterdapat empat metode pembelajaran yang diterapkan di paduan suaramahasiswa ahda gitana yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, metodeimitasi, dan juga metode drill. Selain itu vokalisi yang dilakukan dalampembelajaran paduan suara mahasiswa ahda gitana menerapkan tiga aspek,yakni aspek pernafasan, aspek artikulasi, dan juga aspek interval |
---|