Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Paduan suara mahasiswa Ahda Gitana merupakan salah satu paduan suaramahasiswa yang ada di Yogyakarta. Mayoritas anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana berasal dari kalangan mahasiswa yang tidakmempelajari musik secara formal, selain itu rata-rata anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana masih mi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MADYASMORO, Ganang
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45010
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45010
record_format oai_dc
spelling isilib-450102021-10-28T14:24:39Z Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta MADYASMORO, Ganang Ahda Gitana Panduan Suara Pembelajaran FSP ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45010 MS/Mad/p/2020 Paduan suara mahasiswa Ahda Gitana merupakan salah satu paduan suaramahasiswa yang ada di Yogyakarta. Mayoritas anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana berasal dari kalangan mahasiswa yang tidakmempelajari musik secara formal, selain itu rata-rata anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana masih minim pengalaman dalam bernyayi pada suatukelompok paduan suara. Namun pada tahun 2018 dan 2019, paduan suaramahasiswa ahda gitana mengalami peningkatan prestasi dibanding padatahun sebelumnya dengan mendapatkan medali perak pada lomba paduansuara UGM tingkat nasional, melihat dari peningkatan prestasi tersebutpeneliti mempunyai ketertarikan dan tujuan untuk mengetahui lebih jauhtentang bagaimana pembelajaran yang diterapkan oleh paduan suaramahasiswa ahda gitana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimanapeneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian,proses, aktivitas, terhadap satu orang atau lebih. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah itu penelitimelakukan analisis data, proses analisis data dimulai dari persiapan danpengorganisasian data melalui reduksi data, penyanjian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan yang didapatkan yaitu prosespembelajaran yang diterapkan oleh paduan suara mahasiswa ahda gitana.Proses pembelajaran tersebut meliputi kelas teori musik (one day training),latihan seksional, latihan gabungan, dan konser. Dalam pembahasannyaterdapat empat metode pembelajaran yang diterapkan di paduan suaramahasiswa ahda gitana yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, metodeimitasi, dan juga metode drill. Selain itu vokalisi yang dilakukan dalampembelajaran paduan suara mahasiswa ahda gitana menerapkan tiga aspek,yakni aspek pernafasan, aspek artikulasi, dan juga aspek interval Yogyakarta xii+67 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Ahda Gitana
Panduan Suara
Pembelajaran
NONE
spellingShingle Ahda Gitana
Panduan Suara
Pembelajaran
NONE
MADYASMORO, Ganang
Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
description Paduan suara mahasiswa Ahda Gitana merupakan salah satu paduan suaramahasiswa yang ada di Yogyakarta. Mayoritas anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana berasal dari kalangan mahasiswa yang tidakmempelajari musik secara formal, selain itu rata-rata anggota paduan suaramahasiswa ahda gitana masih minim pengalaman dalam bernyayi pada suatukelompok paduan suara. Namun pada tahun 2018 dan 2019, paduan suaramahasiswa ahda gitana mengalami peningkatan prestasi dibanding padatahun sebelumnya dengan mendapatkan medali perak pada lomba paduansuara UGM tingkat nasional, melihat dari peningkatan prestasi tersebutpeneliti mempunyai ketertarikan dan tujuan untuk mengetahui lebih jauhtentang bagaimana pembelajaran yang diterapkan oleh paduan suaramahasiswa ahda gitana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitianini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimanapeneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian,proses, aktivitas, terhadap satu orang atau lebih. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah itu penelitimelakukan analisis data, proses analisis data dimulai dari persiapan danpengorganisasian data melalui reduksi data, penyanjian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan yang didapatkan yaitu prosespembelajaran yang diterapkan oleh paduan suara mahasiswa ahda gitana.Proses pembelajaran tersebut meliputi kelas teori musik (one day training),latihan seksional, latihan gabungan, dan konser. Dalam pembahasannyaterdapat empat metode pembelajaran yang diterapkan di paduan suaramahasiswa ahda gitana yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, metodeimitasi, dan juga metode drill. Selain itu vokalisi yang dilakukan dalampembelajaran paduan suara mahasiswa ahda gitana menerapkan tiga aspek,yakni aspek pernafasan, aspek artikulasi, dan juga aspek interval
format Tugas Akhir
author MADYASMORO, Ganang
author_facet MADYASMORO, Ganang
author_sort MADYASMORO, Ganang
title Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
title_short Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
title_full Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
title_fullStr Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
title_full_unstemmed Pembelajaran Paduan Suara Mahasiswa Ahda Gitana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
title_sort pembelajaran paduan suara mahasiswa ahda gitana universitas ahmad dahlan yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45010
_version_ 1741202142222352384