Metode Discovery Based Learning Sebagai Model Pembelajaran Musik Di SMP Negeri 1 Karangpandan
Discovery Based Learning bertujuan untuk mengetahui proses dan keberhasilan penerapan metode ini sebagai model pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Karangpandan. Manfaat penulisan ini yaitu sebagai sarana pemahaman metode pembelajaran berbasis penemuan ialah pembelajaran yang menekankan pada proses pe...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45011 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Discovery Based Learning bertujuan untuk mengetahui proses dan keberhasilan penerapan metode ini sebagai model pembelajaran musik di SMP Negeri 1 Karangpandan. Manfaat penulisan ini yaitu sebagai sarana pemahaman metode pembelajaran berbasis penemuan ialah pembelajaran yang menekankan pada proses penemuan konsep suatu materi pelajaran oleh peserta didik, tidak disajikan pembelajaran dalam bentuk jadi atau utuh melainkan diharapkan menemukan konsep atau prinsip suatu materi pelajaran dengan sendirinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik analisis data mengacu pada Milles and Hubberman, wawancara serta pengamatan yang dilakukan di kelas VIII D SMP Negeri 1 Karangpandan. Keberhasilan penerapan metode Discovery Based Learningbagi para peserta didik dalam mencapai hasil belajar seni musik adalah mampu membuat aransemen secara tertulis dengan menggunakan alat musik kreatif maupun aransemen secara spontanitas dengan menggunakan alat musik konvensional. |
---|