Komposisi Simetri untuk Memperkuat Ambivalen Tokoh Utama dalam Sinematografi Film Fiksi "Tugas Akhir"

Penulis menyebutkan bahwa film pendek yang mengangkat kisah Mustafa, seorang kakek penggalikubur yang bercita – cita menempati lubang liang lahad yang telah ia persiapkanberjejeran bersama istri dan anaknya di sebuah desa area pemakaman tanah wakafyang padat. Namun harapannya seringkali hancur denga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LAKSONO, Nadim Eggar
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi Film dan Televisi Jur. Film dan Televisi FSMR ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45059
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penulis menyebutkan bahwa film pendek yang mengangkat kisah Mustafa, seorang kakek penggalikubur yang bercita – cita menempati lubang liang lahad yang telah ia persiapkanberjejeran bersama istri dan anaknya di sebuah desa area pemakaman tanah wakafyang padat. Namun harapannya seringkali hancur dengan liang lahad yang akandidahului oleh orang lain. Mustafa adalah seorang yang plegmatis, sedikitberbicara, memendam perasaan, sering menghindari konflik luar dan memilikipembawaan yang tenang. Dibalik psikologis Mustafa tersebut, ia selalu terbawaperasaan ambivalensi dengan situasi yang diterimanya.Konsep penciptaan karya ini ditekankan pada sinematografi di dalam filmdengan menggunakkan konsep komposisi simetri sebagai media untuk memperkuatambivalensi Mustafa. Penggunaan komposisi simetri bertujuan untuk menjadisimbol atau tanda ambivalensi pada tokoh utama dicerita, melalui penempatanobjek dan posisi objek utama pada penataan elemen-elemen visual komposisigambar di dalam bidang sinematografi.