Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar

Masa kanak-kanak tidak luput dari yang namanya bermain. Dulu, seringdijumpai anak-anak bermain di luar rumah pada sore hari. Semakinberkembangannya teknologi yang mudah dijangkau, pola bermain anak menjadiberubah. Anak-anak yang dulu senang bermain di luar rumah bersama temansekarang, banyak yang le...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FADIL, Friza Dianah Riyanti
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45123
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Masa kanak-kanak tidak luput dari yang namanya bermain. Dulu, seringdijumpai anak-anak bermain di luar rumah pada sore hari. Semakinberkembangannya teknologi yang mudah dijangkau, pola bermain anak menjadiberubah. Anak-anak yang dulu senang bermain di luar rumah bersama temansekarang, banyak yang lebih memilih bermain gadget dirumah. Kurangnyakontrol dan pengawasan dari orang tua saat anak menggunakan fasilitas gadgetmenimbulkan akibat yang buruk. Anak-anak menjadi kecanduan bermain gadget.Kecanduan gadget pada anak menjadi permasalahan yang banyak terjadi. Terlihatdari munculnya kasus-kasus akibat anak kecanduan gadget di berbagai daerahsalah satunya di Yogyakarta. Untuk itu perlu dibuat sebuah kampanye untukmengatasi permasalahan kecanduan gadget pada anak. Dalam kampanye ini tentudiperlukan sebuah media penunjang yang dekat dengan target audien primer ( usia6-12 tahun) yang menyukai bermain gadget agar media penunjang dapat mampumenarik perhatian target audien primer. Perancangan yang dibuat ini tentang film animasi yang mencoba untukmenceritakan pentingnya bermain di luar bagi anak-anak dan sebagai sebuahmedia penunjang kampanye dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak.Permasalahan pada perancangan ini mencoba membuat sebuah media untukmenyadarkan target audien primer akan bahaya gadget agar mereka tidakkecanduan gadget. Perancangan ini menggunakan film animasi 2D karena mediaini dekat dan mudah dijangkau target audien. Lalu, Perancangan ini juga memakaikedekatan pertemanan sebagai konsep narasi film dan memakai gaya gambarkartun