Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar

Masa kanak-kanak tidak luput dari yang namanya bermain. Dulu, seringdijumpai anak-anak bermain di luar rumah pada sore hari. Semakinberkembangannya teknologi yang mudah dijangkau, pola bermain anak menjadiberubah. Anak-anak yang dulu senang bermain di luar rumah bersama temansekarang, banyak yang le...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FADIL, Friza Dianah Riyanti
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45123
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45123
record_format oai_dc
spelling isilib-451232021-11-05T15:15:54Z Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar FADIL, Friza Dianah Riyanti Gadget Bermain Animasi FSR ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45123 DK/Fad/p/2021 Masa kanak-kanak tidak luput dari yang namanya bermain. Dulu, seringdijumpai anak-anak bermain di luar rumah pada sore hari. Semakinberkembangannya teknologi yang mudah dijangkau, pola bermain anak menjadiberubah. Anak-anak yang dulu senang bermain di luar rumah bersama temansekarang, banyak yang lebih memilih bermain gadget dirumah. Kurangnyakontrol dan pengawasan dari orang tua saat anak menggunakan fasilitas gadgetmenimbulkan akibat yang buruk. Anak-anak menjadi kecanduan bermain gadget.Kecanduan gadget pada anak menjadi permasalahan yang banyak terjadi. Terlihatdari munculnya kasus-kasus akibat anak kecanduan gadget di berbagai daerahsalah satunya di Yogyakarta. Untuk itu perlu dibuat sebuah kampanye untukmengatasi permasalahan kecanduan gadget pada anak. Dalam kampanye ini tentudiperlukan sebuah media penunjang yang dekat dengan target audien primer ( usia6-12 tahun) yang menyukai bermain gadget agar media penunjang dapat mampumenarik perhatian target audien primer. Perancangan yang dibuat ini tentang film animasi yang mencoba untukmenceritakan pentingnya bermain di luar bagi anak-anak dan sebagai sebuahmedia penunjang kampanye dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak.Permasalahan pada perancangan ini mencoba membuat sebuah media untukmenyadarkan target audien primer akan bahaya gadget agar mereka tidakkecanduan gadget. Perancangan ini menggunakan film animasi 2D karena mediaini dekat dan mudah dijangkau target audien. Lalu, Perancangan ini juga memakaikedekatan pertemanan sebagai konsep narasi film dan memakai gaya gambarkartun Yogyakarta xiv+235 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Gadget
Bermain
Animasi
NONE
spellingShingle Gadget
Bermain
Animasi
NONE
FADIL, Friza Dianah Riyanti
Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar
description Masa kanak-kanak tidak luput dari yang namanya bermain. Dulu, seringdijumpai anak-anak bermain di luar rumah pada sore hari. Semakinberkembangannya teknologi yang mudah dijangkau, pola bermain anak menjadiberubah. Anak-anak yang dulu senang bermain di luar rumah bersama temansekarang, banyak yang lebih memilih bermain gadget dirumah. Kurangnyakontrol dan pengawasan dari orang tua saat anak menggunakan fasilitas gadgetmenimbulkan akibat yang buruk. Anak-anak menjadi kecanduan bermain gadget.Kecanduan gadget pada anak menjadi permasalahan yang banyak terjadi. Terlihatdari munculnya kasus-kasus akibat anak kecanduan gadget di berbagai daerahsalah satunya di Yogyakarta. Untuk itu perlu dibuat sebuah kampanye untukmengatasi permasalahan kecanduan gadget pada anak. Dalam kampanye ini tentudiperlukan sebuah media penunjang yang dekat dengan target audien primer ( usia6-12 tahun) yang menyukai bermain gadget agar media penunjang dapat mampumenarik perhatian target audien primer. Perancangan yang dibuat ini tentang film animasi yang mencoba untukmenceritakan pentingnya bermain di luar bagi anak-anak dan sebagai sebuahmedia penunjang kampanye dalam mengatasi kecanduan gadget pada anak.Permasalahan pada perancangan ini mencoba membuat sebuah media untukmenyadarkan target audien primer akan bahaya gadget agar mereka tidakkecanduan gadget. Perancangan ini menggunakan film animasi 2D karena mediaini dekat dan mudah dijangkau target audien. Lalu, Perancangan ini juga memakaikedekatan pertemanan sebagai konsep narasi film dan memakai gaya gambarkartun
format Tugas Akhir
author FADIL, Friza Dianah Riyanti
author_facet FADIL, Friza Dianah Riyanti
author_sort FADIL, Friza Dianah Riyanti
title Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar
title_short Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar
title_full Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar
title_fullStr Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar
title_full_unstemmed Perancangan Film Animasi 2D Sebagai Media Penunjang Kampanye Pentingnya Bermain Di Luar
title_sort perancangan film animasi 2d sebagai media penunjang kampanye pentingnya bermain di luar
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45123
_version_ 1741202162686361600