Perancangan Multimedia Interaktif Tes Psikologi Dari Buku “Who Am I?” Sebagai Sarana Untuk Mengenal Potensi Diri Bagi Para Remaja

Salah satu permasalahan yang dialami remaja lulusan SMA/SMK adalah kebingungan dalam menenentukan bidang yang hendak digeluti, dikarenakan kurangnya memahami potensi yang dimiliki. Memilih bidang yang kurang tepat dapat berdampak stress pada remaja dan juga menurunnya kinerja mereka. Sebetulnya pers...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARTA, Mutia Karisma
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45145
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Salah satu permasalahan yang dialami remaja lulusan SMA/SMK adalah kebingungan dalam menenentukan bidang yang hendak digeluti, dikarenakan kurangnya memahami potensi yang dimiliki. Memilih bidang yang kurang tepat dapat berdampak stress pada remaja dan juga menurunnya kinerja mereka. Sebetulnya persoalan tersebut dapat diatasi dengan mengenal potensi diri sejak dini dengan menggunakan tes psikologi. Metode pencarian data melalui penyebaran angket menggunakan google form untuk mengetahui tes seperti apa yang dibutuhkan remaja lulusan SMA/SMK dan studi literasi. Kemudian akan diolah menggunakan metode SWOT sebagai dasar media dan metode analisis 5W+1H sebagai dasar untuk objek perancangan. Sehingga dirumuskan solusi yaitu merancang multimedia interaktif tes psikologi dari buku “Who Am I?” sebagai sarana untuk mengenal potensi diri bagi para remaja. Penggunaan media aplikasi android akan mempermudah akses serta penyebaran dengan target audience yaitu remaja yang mayoritas menggunakan smartphone. Perancangan media interaktif berupa aplikasi android ini diharapkan proses penyampaian akan terasa lebih menyenangkan karena dapat mencakup deskripsi, gambar, animasi, musik, dan tombol navigasi. Tampilan media aplikasinya berupa beberapa tes psikologi yang jawabannya dapat dikalkulasi untuk mendapatkan hasil yang tepat sesuai respon target audience