Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing)
Dalam pembelajaran praktik instrumen violin ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan salah satunya adalah teknik dasar bowing. Berdasar pengamatan di lapangan, terdapat beberapa kendala mengenai teknik dasar bowing violin yang dialami oleh siswa-siswi di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta keti...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45206 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam pembelajaran praktik instrumen violin ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan salah satunya adalah teknik dasar bowing. Berdasar pengamatan di lapangan, terdapat beberapa kendala mengenai teknik dasar bowing violin yang dialami oleh siswa-siswi di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta ketika merapkan teknik-teknik bowing seperti legato dan staccato. Hal yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah untuk membantu siswa-siswi dalam menguasai teknik dasar bowing violin dan dapat mengatasi kendala yang terjadi. Peneliti melakukan penelitian dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggali lebih dalam proses pembelajaran teknik dasar bowing bagi siswa-siswi violin kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Proses pembelajaran praktik instrumen violin terbagi menjadi tiga kegiatan, kegiatan pertama pemanasan atau latihan tangga nada, kedua melatih materi etude, dan ketiga memainkan materi lagu. Dalam pembelajaran praktik instrumen violin menerapkan beberapa metode pembelajaran, yaitu metode ceramah, metode latihan atau drill, dan metode demonstrasi. |
---|