Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing)

Dalam pembelajaran praktik instrumen violin ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan salah satunya adalah teknik dasar bowing. Berdasar pengamatan di lapangan, terdapat beberapa kendala mengenai teknik dasar bowing violin yang dialami oleh siswa-siswi di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta keti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hartono, Reza Nurdian
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45206
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45206
record_format oai_dc
spelling isilib-452062021-11-10T14:39:03Z Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing) Hartono, Reza Nurdian musik sekolah teknik dasar bowing Violin Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45206 MS/Har/p/2021 Dalam pembelajaran praktik instrumen violin ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan salah satunya adalah teknik dasar bowing. Berdasar pengamatan di lapangan, terdapat beberapa kendala mengenai teknik dasar bowing violin yang dialami oleh siswa-siswi di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta ketika merapkan teknik-teknik bowing seperti legato dan staccato. Hal yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah untuk membantu siswa-siswi dalam menguasai teknik dasar bowing violin dan dapat mengatasi kendala yang terjadi. Peneliti melakukan penelitian dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggali lebih dalam proses pembelajaran teknik dasar bowing bagi siswa-siswi violin kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Proses pembelajaran praktik instrumen violin terbagi menjadi tiga kegiatan, kegiatan pertama pemanasan atau latihan tangga nada, kedua melatih materi etude, dan ketiga memainkan materi lagu. Dalam pembelajaran praktik instrumen violin menerapkan beberapa metode pembelajaran, yaitu metode ceramah, metode latihan atau drill, dan metode demonstrasi. Yogyakarta xi, 84hlm.31cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic musik sekolah
teknik dasar bowing
Violin
NONE
spellingShingle musik sekolah
teknik dasar bowing
Violin
NONE
Hartono, Reza Nurdian
Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing)
description Dalam pembelajaran praktik instrumen violin ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan salah satunya adalah teknik dasar bowing. Berdasar pengamatan di lapangan, terdapat beberapa kendala mengenai teknik dasar bowing violin yang dialami oleh siswa-siswi di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta ketika merapkan teknik-teknik bowing seperti legato dan staccato. Hal yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah untuk membantu siswa-siswi dalam menguasai teknik dasar bowing violin dan dapat mengatasi kendala yang terjadi. Peneliti melakukan penelitian dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggali lebih dalam proses pembelajaran teknik dasar bowing bagi siswa-siswi violin kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Proses pembelajaran praktik instrumen violin terbagi menjadi tiga kegiatan, kegiatan pertama pemanasan atau latihan tangga nada, kedua melatih materi etude, dan ketiga memainkan materi lagu. Dalam pembelajaran praktik instrumen violin menerapkan beberapa metode pembelajaran, yaitu metode ceramah, metode latihan atau drill, dan metode demonstrasi.
format Tugas Akhir
author Hartono, Reza Nurdian
author_facet Hartono, Reza Nurdian
author_sort Hartono, Reza Nurdian
title Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing)
title_short Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing)
title_full Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing)
title_fullStr Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing)
title_full_unstemmed Pembelajaran Violin Bagi Siswa Kelas X di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta (Studi Kasus Teknik Dasar Bowing)
title_sort pembelajaran violin bagi siswa kelas x di smk negeri 2 kasihan bantul yogyakarta (studi kasus teknik dasar bowing)
publisher Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45206
_version_ 1741202177255276544