Representasi Dunia Anak dalam Penciptaan Program Televisi Magazine Kidspedia Episode Dongeng Anak dengan Pendekatan Naratif
Pada episode ini membahas tentang dongeng anak, karena dunia anak selalubersinggungan dengan imajinasi dan kreativitas yang tidak terbatas. Salah satu carauntuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak dengan membawakan ceritadan dongeng dalam kehidupan sehari - hari. Pada setiap segmennya akanme...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSMR ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45207 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Pada episode ini membahas tentang dongeng anak, karena dunia anak selalubersinggungan dengan imajinasi dan kreativitas yang tidak terbatas. Salah satu carauntuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak dengan membawakan ceritadan dongeng dalam kehidupan sehari - hari. Pada setiap segmennya akanmembahas tempat wisata edukatif, anak inspiratif, komunitas, dan kreasi anak.Pembahasan tersebut akan diwujudkan dalam empat rubrik yakni “ Let’s Go” ,“Kid’s Hero”, “Hello Friend”, dan “Fun Creation” yang disajikan denganmenggunakan pendekatan naratif. Program televisi “KIDSPEDIA” ini memiliki empat segmen yang salingberhubungan membentuk alur sebuah cerita perjalanan tokoh adik dan kakak.Pengemasan program “KIDSPEDIA” ini menggunakan pendekatan naratif yangdigambarkan melalui perjalanan tokoh adik dan kakak dari rumah ketempat wisata,melihat kisah anak inspiratif, lalu mengunjungi dan bermain bersama komunitashingga kembali ke rumah membuat kreasi anak. Pemilihan tema dalam setiapepisodenya ditentukan oleh kegiatan yang ingin dilakukan adik, hal ini merujukpada kegiatan penunjang aktivitas sekolah. Penyampaian informasi dilengkapidengan narasi agar dapat diterima dengan lebih jelas oleh penonton |
---|