Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan

Sanggar Seni Pusaka Saijaan adalah suatu kebanggan yang dimiliki oleh Kabupaten Kotabaru dengan banyak prestasi yang di dapat dengan berbagai event-event yang diikuti diluar dari Kabupaten Kotabaru. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran pada Tar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aupa,Nur Aziza
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: prodi S-1 Pendidikan Seni Pertunjukan 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45210
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45210
record_format oai_dc
spelling isilib-452102021-11-11T10:26:21Z Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan Aupa,Nur Aziza Tari Japin Sigam pembelajaran tari Metode Pembelajaran prodi S-1 Pendidikan Seni Pertunjukan 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45210 PSP/Aup/m/2021 Sanggar Seni Pusaka Saijaan adalah suatu kebanggan yang dimiliki oleh Kabupaten Kotabaru dengan banyak prestasi yang di dapat dengan berbagai event-event yang diikuti diluar dari Kabupaten Kotabaru. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran pada Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah tentang Metode pembelajaran Seni Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Sedangkan subjek penelitian ialah pelatih, ketua sanggar, pembina, dan peserta didik Sanggar Seni Pusaka Saijaan (S2PSKB). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. Validasi data dilakukan dengan membandingkan data dari hasil wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Tari Japin Sigam pada Sanggar Seni Pusaka Saijaan menggunakan (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode diskusi, dan (4) metode drill. Metode demonstrasi digunakan pelatih dalam memeragakan dan mencontohkan gerakan. Metode ceramah digunakan dalam memberikan penjelasan atau pengertian kepada peserta didik sebelum memasuki pembelajaran Tari Japin Sigam. Metode diskusi digunakan apabila peserta didik belum paham terhadap materi yang disampaikan. Peserta didik juga dapat berdiskusi dengan teman kelompoknya agar memecahkan permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Metode drill digunakan untuk menghafalkan gerak yang sudah diberikan oleh pelatih Yogyakarta xvi,99hlm.;31cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Tari Japin Sigam
pembelajaran tari
Metode Pembelajaran
NONE
spellingShingle Tari Japin Sigam
pembelajaran tari
Metode Pembelajaran
NONE
Aupa,Nur Aziza
Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
description Sanggar Seni Pusaka Saijaan adalah suatu kebanggan yang dimiliki oleh Kabupaten Kotabaru dengan banyak prestasi yang di dapat dengan berbagai event-event yang diikuti diluar dari Kabupaten Kotabaru. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran pada Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah tentang Metode pembelajaran Seni Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Sedangkan subjek penelitian ialah pelatih, ketua sanggar, pembina, dan peserta didik Sanggar Seni Pusaka Saijaan (S2PSKB). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. Validasi data dilakukan dengan membandingkan data dari hasil wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Tari Japin Sigam pada Sanggar Seni Pusaka Saijaan menggunakan (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode diskusi, dan (4) metode drill. Metode demonstrasi digunakan pelatih dalam memeragakan dan mencontohkan gerakan. Metode ceramah digunakan dalam memberikan penjelasan atau pengertian kepada peserta didik sebelum memasuki pembelajaran Tari Japin Sigam. Metode diskusi digunakan apabila peserta didik belum paham terhadap materi yang disampaikan. Peserta didik juga dapat berdiskusi dengan teman kelompoknya agar memecahkan permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Metode drill digunakan untuk menghafalkan gerak yang sudah diberikan oleh pelatih
format Tugas Akhir
author Aupa,Nur Aziza
author_facet Aupa,Nur Aziza
author_sort Aupa,Nur Aziza
title Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
title_short Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
title_full Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
title_fullStr Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
title_full_unstemmed Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
title_sort metode pembelajaran tari japin sigam di sanggar seni pusaka saijaan kabupaten kotabaru kalimantan selatan
publisher prodi S-1 Pendidikan Seni Pertunjukan
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45210
_version_ 1741202177975648256