Penerapan Gaya Musik Jazz Timur Tengah dalam Permainan Piano

Gaya musik jazz Timur Tengah merupakan perpaduan yang unik dari komponen-komponen musik seperti melodi, ritme, dan harmoni berdasar pada 2 gaya musik yang berbeda dengan komponen melodi chordal, fourth askending dalam musik jazz sedangkan Timur Tengah terdapat ritme (sombaty classical Egypt rhythm,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Christmerian, Joseph Cornelius
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: program studi D4 Peeyajian Musik
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45413
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Gaya musik jazz Timur Tengah merupakan perpaduan yang unik dari komponen-komponen musik seperti melodi, ritme, dan harmoni berdasar pada 2 gaya musik yang berbeda dengan komponen melodi chordal, fourth askending dalam musik jazz sedangkan Timur Tengah terdapat ritme (sombaty classical Egypt rhythm, Spanish) dan bagian melodi Timur Tengah (Byzantine, Algerian). Tujuan tugas akhir resital ini adalah untuk mengetahui cara mengembangkan melodi, ritme, dan harmoni jazz Timur Tengah guna memperkaya teknik improvisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan cara mengumpulkan sumber pustaka, webtografi, diskografi, serta melakukan wawancara terhadap beberapa narasumber. Lagu yang dipilih untuk tujuan ini adalah All The Things You Are yang diciptakan oleh Jerome Kern dan menggunakan format kuartet yang terdiri dari keyboard, saksofon, bas, dan drum set. Lagu tersebut dipilih karena relatif mudah untuk diaransir karena memiliki alur melodi yang cukup sederhana,sehingga memudahkan penerapan unsur dan gaya musik jazz Timur Tengah. Hasil penerapan idiom-idiom tersebut sangatlah beragam. Pada unsur ritme, penulis cenderung memfokuskan iringan tangan kiri untuk piano yang menggunakan ritme sombaty classical Egypt rhythm dimainkan secara arpeggio dan ritme Spanish dimainkan seperti teknik stride pada piano. Di wilayah harmoni, yang dilakukan adalah menyusun progresi akor pada bagian intro serta mereharmonisasi progresi akor yang asli. Di bagian improvisasi, penulis menyusun melodi berdasarkan pendekatan modal (phyrigian, dorian dan aeolian), chordal, minor harmoni, fourth askending, serta tangga nada berciri khas Timur Tengah yaitu Byzantine dan Algerian. Penulis melakukan juga modifikasi melodi dengan menerapkan beberapa hal, antara lain prinsip outside dan inside, dukungan akor suspended, target note dan passing note.