Pembelajaran Seni Musik Berbasis Microsoft Teams di Kelas VII B SMP Negeri 12 Yogyakarta Tahun Ajaran 2020/2021

Pembelajaran secara daring tentunya memerlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Proses belajar mengajar seni musik tentu harus bisa diseimbangkan antara teori dan praktik meskipun dalam situasi pandemic Covid-19. Penggunaan aplikasi Microsoft T...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Gani,Asrul Abd
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakara 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45419
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pembelajaran secara daring tentunya memerlukan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru. Proses belajar mengajar seni musik tentu harus bisa diseimbangkan antara teori dan praktik meskipun dalam situasi pandemic Covid-19. Penggunaan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran seni musik secara daring ini membantu guru untuk tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran seni musik berbasis Microsoft Teams di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, sedangkan analisis datanya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Objek pada penelitian ini yaitu penggunaan Microsoft Teams pada pembelajaran seni musik dan subjek pada penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas VII B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran seni khususnya seni musik dapat membantu guru untuk mengajarkan teori serta praktik yang baik meskipun tidak di dalam kelas. Aplikasi Microsoft Teams mempermudah peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring, mengumpulkan tugas, dan membaca materi yang diunggah oleh guru di aplikasi Microsoft Teams. Fitur yang disediakan oleh aplikasi Microsoft Teams membantu proses pembelajaran secara daring khususnya seni musik dengan materi bernyanyi secara unisono dan hasil pembelajaran yang didapatkan di atas rata-rata kriteria ketuntasan minimal. Kata Kunci: Pembelajaran daring, Pembelajaran Seni Musik, Microsoft Teams