Model Pembelajaran Jigsaw Secara Daring Pada Pembelajaran Tari di SMP Negeri 1 Sewon

Model pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang digunakan guru untuk mengembangkan pola berkomunikasi peserta didik dan juga melatih kerja sama antarpeserta didik. Pembelajaran daring tentu akan membuat peserta didik menjadi bosan dan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Hal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wijiasih,Rahayu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. PSP FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45423
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Model pembelajaran Jigsaw adalah tipe pembelajaran kooperatif yang digunakan guru untuk mengembangkan pola berkomunikasi peserta didik dan juga melatih kerja sama antarpeserta didik. Pembelajaran daring tentu akan membuat peserta didik menjadi bosan dan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Hal ini akan berpengaruh kepada nilai yang akan diperoleh oleh peserta didik. Guru tentu harus memilih model pembelajaran yang variatif dan menyenangkan. Model pembelajaran Jigsaw yang digunakan oleh guru SMP Negeri 1 Sewon pada pembelajaran seni tari dengan materi level dan pola lantai dapat menjadikan proses pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan penelitian adalah mengetehui dan mendeskripsikan model pembelajaran Jigsaw secara daring pada pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Sewon. Metode penelitian yang digunakan yaitu, dekskriptif kualiatif. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw secara daring pada pembelajaran tari materi level dan pola lantai, dengan subjek penelitian guru seni budaya dan peserta didik kelas VII B. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Sewon. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triagulasi sumber dan triangulasi teknik, analisis data yang digunakan dari mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat melatih interaksi sosial antarpeserta didik, kepercayaan diri peserta didik dalam bersosialisasi lebih meningkat, melatih kerja sama dan menigkatkan semangat belajar yang berpegaruh pada nilai peserta didik. Model pembelajaran Jigsaw ini dapat menjadi solusi pada pembelajaran daring. Kata Kunci: Jigsaw, Pembelajaran Tari, Pembelajaran Daring