Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang

Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Seni Tari. Hal ini dikarenakan guru kurang atau tidak menggunakan media penunjang, misalnya video atau YouTube. Penulis ingin memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan cara membuat media pembelajara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Apriansyah, Deden
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Seni Tari Jurusan Tri FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45428
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45428
record_format oai_dc
spelling isilib-454282021-12-17T15:42:43Z Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang Apriansyah, Deden Prodi S-1 Seni Tari Jurusan Tri FSP ISI Yogyakarta 2021 id Buku Teks http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45428 ST.PKJ/Apr/e/2021 Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Seni Tari. Hal ini dikarenakan guru kurang atau tidak menggunakan media penunjang, misalnya video atau YouTube. Penulis ingin memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan cara membuat media pembelajaran berbasis video. Fokus penelitiannya adalah ingin mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan video dalam pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini kualitatif dan digunakan untuk menguji hasil intervensi (Cruz & Tantia, 2017); sedangkan desainnya adalah Single Subject Research (SSR); penelitian dengan subjek tunggal (perorangan maupun kelompok) dan difungsikan sebagai kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Desain penelitian ini cocok untuk penelitian individual atau jenis penelitian yang tidak membutuhkan situasi tertentu, misalnya distribusi normal. Desain ini dapat digunakan untuk menguji intervensi perilaku yang diimplementasikan pada penelitian pendidikan (Alnahdi, 2017) yang dalam penelitian digunakan untuk menguji efektivitas video pembelajaran berbasis YouTube di SMP Negeri 3 Taliwang. Hasilnya pengguaan video pembelajaran berbasis YouTube dapat memperbaiki kualitas pembelajaran. Pengguanaan media pembelajaran berbasis YouTube memberi kemudahan siswa dalam mencari materi pengayaan untuk pemahaman materi belajar dan siswa dapat mengakses dimana saja dan kapan saja. Hal itu menjadikan peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar lebih optimal hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata peserta didik dari 81 menjadi 84. Yogyakarta NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic NONE
spellingShingle NONE
Apriansyah, Deden
Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang
description Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Seni Tari. Hal ini dikarenakan guru kurang atau tidak menggunakan media penunjang, misalnya video atau YouTube. Penulis ingin memperbaiki proses pembelajaran tersebut dengan cara membuat media pembelajaran berbasis video. Fokus penelitiannya adalah ingin mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan video dalam pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini kualitatif dan digunakan untuk menguji hasil intervensi (Cruz & Tantia, 2017); sedangkan desainnya adalah Single Subject Research (SSR); penelitian dengan subjek tunggal (perorangan maupun kelompok) dan difungsikan sebagai kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Desain penelitian ini cocok untuk penelitian individual atau jenis penelitian yang tidak membutuhkan situasi tertentu, misalnya distribusi normal. Desain ini dapat digunakan untuk menguji intervensi perilaku yang diimplementasikan pada penelitian pendidikan (Alnahdi, 2017) yang dalam penelitian digunakan untuk menguji efektivitas video pembelajaran berbasis YouTube di SMP Negeri 3 Taliwang. Hasilnya pengguaan video pembelajaran berbasis YouTube dapat memperbaiki kualitas pembelajaran. Pengguanaan media pembelajaran berbasis YouTube memberi kemudahan siswa dalam mencari materi pengayaan untuk pemahaman materi belajar dan siswa dapat mengakses dimana saja dan kapan saja. Hal itu menjadikan peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar lebih optimal hal ini dapat terlihat dari nilai rata-rata peserta didik dari 81 menjadi 84.
format Buku Teks
author Apriansyah, Deden
author_facet Apriansyah, Deden
author_sort Apriansyah, Deden
title Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang
title_short Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang
title_full Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang
title_fullStr Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang
title_full_unstemmed Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Youtube Pada Materi Tari Di SMP Negeri 3 Taliwang
title_sort efektivitas media pembelajaran berbasis youtube pada materi tari di smp negeri 3 taliwang
publisher Prodi S-1 Seni Tari Jurusan Tri FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45428
_version_ 1741202215086850048