Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om
Karakter merupakan kepribadian yang khas pada diri seseorang yang terbentuk karena pengaruh lingkungan. Dalam gerak, iringan, dan kostum pada tari juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45429 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-45429 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-454292021-12-21T11:28:05Z Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om Pasya, Sutan Alif Naufal FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45429 ST.PKJ/Pas/n/2021 Karakter merupakan kepribadian yang khas pada diri seseorang yang terbentuk karena pengaruh lingkungan. Dalam gerak, iringan, dan kostum pada tari juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro‟om Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian Tari Topèng Gettak di Pamekasan, Madura dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian mendapatkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan dilakukan penerapan dari hasil yang didapat kepada para peserta didik di Rumah Seni Madhu Ro‟om. Adapun beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak yaitu 1) religius, 2) disiplin, 3) tanggung jawab, 4) rasa ingin tahu, 5) cinta damai, 6) demokratis, dan 7) cinta tanah air. Penerapan yang diberikan seperti nilai disiplin, yaitu datang dan selesai dengan tepat waktu pada saat latihan. Nilai religius, yaitu selalu mengawali dan mengakhiri setiap kegiatan dengan berdoa. Nilai cinta damai, yaitu mewajibkan para peserta didik mengenal satu sama lain dan saling membantu. Contoh penerapan tersebut dapat membantu peserta didik sebagai motivasi dalam latihan dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yogyakarta NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
NONE |
spellingShingle |
NONE Pasya, Sutan Alif Naufal Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om |
description |
Karakter merupakan kepribadian yang khas pada diri seseorang yang terbentuk karena pengaruh lingkungan. Dalam gerak, iringan, dan kostum pada tari juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro‟om Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian Tari Topèng Gettak di Pamekasan, Madura dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian mendapatkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan dilakukan penerapan dari hasil yang didapat kepada para peserta didik di Rumah Seni Madhu Ro‟om. Adapun beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak yaitu 1) religius, 2) disiplin, 3) tanggung jawab, 4) rasa ingin tahu, 5) cinta damai, 6) demokratis, dan 7) cinta tanah air. Penerapan yang diberikan seperti nilai disiplin, yaitu datang dan selesai dengan tepat waktu pada saat latihan. Nilai religius, yaitu selalu mengawali dan mengakhiri setiap kegiatan dengan berdoa. Nilai cinta damai, yaitu mewajibkan para peserta didik mengenal satu sama lain dan saling membantu. Contoh penerapan tersebut dapat membantu peserta didik sebagai motivasi dalam latihan dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. |
format |
Tugas Akhir |
author |
Pasya, Sutan Alif Naufal |
author_facet |
Pasya, Sutan Alif Naufal |
author_sort |
Pasya, Sutan Alif Naufal |
title |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om |
title_short |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om |
title_full |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om |
title_fullStr |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om |
title_full_unstemmed |
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om |
title_sort |
nilai-nilai pendidikan karakter pada tari topeng gettak dan penerapannya di rumah seni madhu ro'om |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45429 |
_version_ |
1741202215270350848 |