Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om

Karakter merupakan kepribadian yang khas pada diri seseorang yang terbentuk karena pengaruh lingkungan. Dalam gerak, iringan, dan kostum pada tari juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pasya, Sutan Alif Naufal
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45429
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45429
record_format oai_dc
spelling isilib-454292021-12-21T11:28:05Z Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om Pasya, Sutan Alif Naufal FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45429 ST.PKJ/Pas/n/2021 Karakter merupakan kepribadian yang khas pada diri seseorang yang terbentuk karena pengaruh lingkungan. Dalam gerak, iringan, dan kostum pada tari juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro‟om Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian Tari Topèng Gettak di Pamekasan, Madura dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian mendapatkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan dilakukan penerapan dari hasil yang didapat kepada para peserta didik di Rumah Seni Madhu Ro‟om. Adapun beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak yaitu 1) religius, 2) disiplin, 3) tanggung jawab, 4) rasa ingin tahu, 5) cinta damai, 6) demokratis, dan 7) cinta tanah air. Penerapan yang diberikan seperti nilai disiplin, yaitu datang dan selesai dengan tepat waktu pada saat latihan. Nilai religius, yaitu selalu mengawali dan mengakhiri setiap kegiatan dengan berdoa. Nilai cinta damai, yaitu mewajibkan para peserta didik mengenal satu sama lain dan saling membantu. Contoh penerapan tersebut dapat membantu peserta didik sebagai motivasi dalam latihan dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yogyakarta NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic NONE
spellingShingle NONE
Pasya, Sutan Alif Naufal
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om
description Karakter merupakan kepribadian yang khas pada diri seseorang yang terbentuk karena pengaruh lingkungan. Dalam gerak, iringan, dan kostum pada tari juga memiliki nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro‟om Pamekasan Madura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian Tari Topèng Gettak di Pamekasan, Madura dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara dengan beberapa narasumber, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yang disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian mendapatkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak dan dilakukan penerapan dari hasil yang didapat kepada para peserta didik di Rumah Seni Madhu Ro‟om. Adapun beberapa nilai-nilai pendidikan karakter pada Tari Topèng Gettak yaitu 1) religius, 2) disiplin, 3) tanggung jawab, 4) rasa ingin tahu, 5) cinta damai, 6) demokratis, dan 7) cinta tanah air. Penerapan yang diberikan seperti nilai disiplin, yaitu datang dan selesai dengan tepat waktu pada saat latihan. Nilai religius, yaitu selalu mengawali dan mengakhiri setiap kegiatan dengan berdoa. Nilai cinta damai, yaitu mewajibkan para peserta didik mengenal satu sama lain dan saling membantu. Contoh penerapan tersebut dapat membantu peserta didik sebagai motivasi dalam latihan dan selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
format Tugas Akhir
author Pasya, Sutan Alif Naufal
author_facet Pasya, Sutan Alif Naufal
author_sort Pasya, Sutan Alif Naufal
title Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om
title_short Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om
title_full Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om
title_fullStr Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om
title_full_unstemmed Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Topeng Gettak dan Penerapannya di Rumah Seni Madhu Ro'om
title_sort nilai-nilai pendidikan karakter pada tari topeng gettak dan penerapannya di rumah seni madhu ro'om
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45429
_version_ 1741202215270350848