Lagu “Berkibarlah Bendera Negriku” Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Angka Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Pianika Di SDN Bantul Warung Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi angka menggunakan arransemen lagu Berkibarlah Bendera Negeriku pada ekstrakurikuler pianika di SD N Bantul Warung, Yogyakarta. Latar belakang dari penelitian ini adalah, proses pembelajaran ekstrakurikuler yang kurang baik hanya se...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Manullang,Rodame Aprilla
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45433
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi angka menggunakan arransemen lagu Berkibarlah Bendera Negeriku pada ekstrakurikuler pianika di SD N Bantul Warung, Yogyakarta. Latar belakang dari penelitian ini adalah, proses pembelajaran ekstrakurikuler yang kurang baik hanya sebatas mengamati dan menirukan, sehingga hal ini membuat kemampuan siswa dalam membaca notasi termasuk notasi angka menjadi kurang baik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas. Pengambilan sampel berfokus pada 8 orang siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pianika di SD N Bantul Warung. Data-data pada penelitian diperoleh dari observasi, wawancara,studi kepustakaan, dokumentasi dan evaluasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang digunakan oleh Miles dan Huberman. Ada 4 hal yang menjadi proses peningkatan membaca notasi angka pada ekstrakurikuler pianika yaitu: ketepatan membaca nada, ketepatan memainkan ritme, penjarian, dan memainkan lagu “Berkibarlah Bendera Negeriku”. Hasil penelitian didapat dari dua tahap evaluasi pembelajaran yaitu tahap satu sebelum dilakukan pembelajaran dan tahap dua setelah pembelajaran. Melalui tahap-tahap ini dapat dilihat peningkatan siswa dalam membaca notasi angka. Pada hasil penelitian ini terjadi peningkatan yang signifikan, dilihat dari hasil evaluasi akhir memainkan lagu yang terendah dengan kategori Baik.