Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan

Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua mera...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MACHFUDZI, Moch. Aan
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45533
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Berdasarkan hal tersebut, penulis menawarkan solusi pemecahan masalah melalui perancangan komunikasi visual permainan papan sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun. Untuk memperkuat konsep perancangan tersebut, penulis melibatkan teori Bermain, Imajinasi, dan Kreativitas Anak, Bermain sambil Belajar melalui Pendekatan Gamifikasi, teori Permainan Papan sebagai Media Edukasi, Merancang Permainan Papan Menggunakan Pendekatan Gamifikasi, serta Komunikasi Visual untuk Permainan Anak. Selain itu, penulis juga menggunakan metode design thinking yang memiliki tujuh tahap, yaitu Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implement, dan Learn. Nilai kebaruan dari perancangan komunikasi visual ini adalah sebuah permainan papan yang interaktif dengan pendekatan gamifikasi untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun dalam usaha menjaga kesehatan gigi dan mulut serta dihadirkan ke dalam bentuk fisik. Selain itu terdapat fungsi lainnya, yaitu sebagai sarana hiburan keluarga di tengah-tengah pandemi COVID-19. Dengan hadirnya perancangan permainan papan ini diharapkan dapat membantu perkembangan ilmu desain komunikasi visual khususnya yang berhubungan dengan penyampaian pesan edukasi kepada anak, serta diharapkan dapat membantu orangtua yang merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Kata Kunci: Permainan papan, kesehatan gigi dan mulut, anak, design thinking