Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan
Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua mera...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45533 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-45533 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-455332022-01-26T11:29:06Z Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan MACHFUDZI, Moch. Aan permainan papan Design Thinking Kesehatan Gigi dan Mulut anak PPS ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45533 - TES/DK/Mac/p/2021 Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Berdasarkan hal tersebut, penulis menawarkan solusi pemecahan masalah melalui perancangan komunikasi visual permainan papan sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun. Untuk memperkuat konsep perancangan tersebut, penulis melibatkan teori Bermain, Imajinasi, dan Kreativitas Anak, Bermain sambil Belajar melalui Pendekatan Gamifikasi, teori Permainan Papan sebagai Media Edukasi, Merancang Permainan Papan Menggunakan Pendekatan Gamifikasi, serta Komunikasi Visual untuk Permainan Anak. Selain itu, penulis juga menggunakan metode design thinking yang memiliki tujuh tahap, yaitu Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implement, dan Learn. Nilai kebaruan dari perancangan komunikasi visual ini adalah sebuah permainan papan yang interaktif dengan pendekatan gamifikasi untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun dalam usaha menjaga kesehatan gigi dan mulut serta dihadirkan ke dalam bentuk fisik. Selain itu terdapat fungsi lainnya, yaitu sebagai sarana hiburan keluarga di tengah-tengah pandemi COVID-19. Dengan hadirnya perancangan permainan papan ini diharapkan dapat membantu perkembangan ilmu desain komunikasi visual khususnya yang berhubungan dengan penyampaian pesan edukasi kepada anak, serta diharapkan dapat membantu orangtua yang merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Kata Kunci: Permainan papan, kesehatan gigi dan mulut, anak, design thinking Yogyakarta xi, 142 hal.: ilus.; 30 cm. TES/DK/Mac/p/2021 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
permainan papan Design Thinking Kesehatan Gigi dan Mulut anak TES/DK/Mac/p/2021 |
spellingShingle |
permainan papan Design Thinking Kesehatan Gigi dan Mulut anak TES/DK/Mac/p/2021 MACHFUDZI, Moch. Aan Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan |
description |
Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Berdasarkan hal tersebut, penulis menawarkan solusi pemecahan masalah melalui perancangan komunikasi visual permainan papan sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun. Untuk memperkuat konsep perancangan tersebut, penulis melibatkan teori Bermain, Imajinasi, dan Kreativitas Anak, Bermain sambil Belajar melalui Pendekatan Gamifikasi, teori Permainan Papan sebagai Media Edukasi, Merancang Permainan Papan Menggunakan Pendekatan Gamifikasi, serta Komunikasi Visual untuk Permainan Anak. Selain itu, penulis juga menggunakan metode design thinking yang memiliki tujuh tahap, yaitu Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implement, dan Learn. Nilai kebaruan dari perancangan komunikasi visual ini adalah sebuah permainan papan yang interaktif dengan pendekatan gamifikasi untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun dalam usaha menjaga kesehatan gigi dan mulut serta dihadirkan ke dalam bentuk fisik. Selain itu terdapat fungsi lainnya, yaitu sebagai sarana hiburan keluarga di tengah-tengah pandemi COVID-19. Dengan hadirnya perancangan permainan papan ini diharapkan dapat membantu perkembangan ilmu desain komunikasi visual khususnya yang berhubungan dengan penyampaian pesan edukasi kepada anak, serta diharapkan dapat membantu orangtua yang merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Kata Kunci: Permainan papan, kesehatan gigi dan mulut, anak, design thinking |
format |
Tugas Akhir |
author |
MACHFUDZI, Moch. Aan |
author_facet |
MACHFUDZI, Moch. Aan |
author_sort |
MACHFUDZI, Moch. Aan |
title |
Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan |
title_short |
Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan |
title_full |
Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan |
title_fullStr |
Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan |
title_full_unstemmed |
Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan |
title_sort |
perancangan komunikasi visual edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak melalui permainan papan |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2021 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45533 |
_version_ |
1741202234102775808 |