Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan

Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua mera...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MACHFUDZI, Moch. Aan
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45533
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45533
record_format oai_dc
spelling isilib-455332022-01-26T11:29:06Z Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan MACHFUDZI, Moch. Aan permainan papan Design Thinking Kesehatan Gigi dan Mulut anak PPS ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45533 - TES/DK/Mac/p/2021 Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Berdasarkan hal tersebut, penulis menawarkan solusi pemecahan masalah melalui perancangan komunikasi visual permainan papan sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun. Untuk memperkuat konsep perancangan tersebut, penulis melibatkan teori Bermain, Imajinasi, dan Kreativitas Anak, Bermain sambil Belajar melalui Pendekatan Gamifikasi, teori Permainan Papan sebagai Media Edukasi, Merancang Permainan Papan Menggunakan Pendekatan Gamifikasi, serta Komunikasi Visual untuk Permainan Anak. Selain itu, penulis juga menggunakan metode design thinking yang memiliki tujuh tahap, yaitu Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implement, dan Learn. Nilai kebaruan dari perancangan komunikasi visual ini adalah sebuah permainan papan yang interaktif dengan pendekatan gamifikasi untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun dalam usaha menjaga kesehatan gigi dan mulut serta dihadirkan ke dalam bentuk fisik. Selain itu terdapat fungsi lainnya, yaitu sebagai sarana hiburan keluarga di tengah-tengah pandemi COVID-19. Dengan hadirnya perancangan permainan papan ini diharapkan dapat membantu perkembangan ilmu desain komunikasi visual khususnya yang berhubungan dengan penyampaian pesan edukasi kepada anak, serta diharapkan dapat membantu orangtua yang merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Kata Kunci: Permainan papan, kesehatan gigi dan mulut, anak, design thinking Yogyakarta xi, 142 hal.: ilus.; 30 cm. TES/DK/Mac/p/2021 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic permainan papan
Design Thinking
Kesehatan Gigi dan Mulut
anak
TES/DK/Mac/p/2021
spellingShingle permainan papan
Design Thinking
Kesehatan Gigi dan Mulut
anak
TES/DK/Mac/p/2021
MACHFUDZI, Moch. Aan
Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan
description Permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak terjadi karena anak-anak belum memiliki kesadaran dan motivasi menjaga kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Maka, diperlukan eksistensi orangtua untuk membantu anak dalam mencegah datangnya permasalahan tersebut. Namun sayangnya, mayoritas orangtua merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Berdasarkan hal tersebut, penulis menawarkan solusi pemecahan masalah melalui perancangan komunikasi visual permainan papan sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun. Untuk memperkuat konsep perancangan tersebut, penulis melibatkan teori Bermain, Imajinasi, dan Kreativitas Anak, Bermain sambil Belajar melalui Pendekatan Gamifikasi, teori Permainan Papan sebagai Media Edukasi, Merancang Permainan Papan Menggunakan Pendekatan Gamifikasi, serta Komunikasi Visual untuk Permainan Anak. Selain itu, penulis juga menggunakan metode design thinking yang memiliki tujuh tahap, yaitu Define, Research, Ideate, Prototype, Select, Implement, dan Learn. Nilai kebaruan dari perancangan komunikasi visual ini adalah sebuah permainan papan yang interaktif dengan pendekatan gamifikasi untuk anak usia 5-9 tahun dengan pendampingan orangtua usia 35-44 tahun dalam usaha menjaga kesehatan gigi dan mulut serta dihadirkan ke dalam bentuk fisik. Selain itu terdapat fungsi lainnya, yaitu sebagai sarana hiburan keluarga di tengah-tengah pandemi COVID-19. Dengan hadirnya perancangan permainan papan ini diharapkan dapat membantu perkembangan ilmu desain komunikasi visual khususnya yang berhubungan dengan penyampaian pesan edukasi kepada anak, serta diharapkan dapat membantu orangtua yang merasa kesulitan dalam mengomunikasikan pesan edukasi kesehatan gigi dan mulut kepada anak-anaknya. Kata Kunci: Permainan papan, kesehatan gigi dan mulut, anak, design thinking
format Tugas Akhir
author MACHFUDZI, Moch. Aan
author_facet MACHFUDZI, Moch. Aan
author_sort MACHFUDZI, Moch. Aan
title Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan
title_short Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan
title_full Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan
title_fullStr Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan
title_full_unstemmed Perancangan Komunikasi Visual Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Untuk Anak Melalui Permainan Papan
title_sort perancangan komunikasi visual edukasi kesehatan gigi dan mulut untuk anak melalui permainan papan
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45533
_version_ 1741202234102775808