Iconology: Image, Text, Ideology

Buku ini membahas topik khusus tentang ikoonografi yang dapat diterapkan secara umum menyangkut dengan gambar, teks dan ideologi. Penulis, Mitchell menyatakan telah berusaha dengan sunggug-sungguh untuk mengeksplorasi sifat gambar dengan membandingkannya dengan kata-kata, atau, lebih tepatnya, denga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MITCHELL, W.J. Thomas
Format: Buku Teks
Language:English
Published: The University of Chicago Press 1986
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45608
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45608
record_format oai_dc
spelling isilib-456082022-02-10T07:35:16Z Iconology: Image, Text, Ideology MITCHELL, W.J. Thomas Tanda dan simbol dalam Seni The University of Chicago Press 1986 en Buku Teks http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45608 302.2 Mit i Buku ini membahas topik khusus tentang ikoonografi yang dapat diterapkan secara umum menyangkut dengan gambar, teks dan ideologi. Penulis, Mitchell menyatakan telah berusaha dengan sunggug-sungguh untuk mengeksplorasi sifat gambar dengan membandingkannya dengan kata-kata, atau, lebih tepatnya, dengan melihatnya dari sudut pandang bahasa verbal. Hal ini menjadikan buku ini lebih berbobot terkait kandungan informasi sesuai subjek yang menjadi pokok pembahasan. Ini adalah buku tentang hal-hal yang dikatakan orang tentang gambar. Hal ini tidak terutama berkaitan dengan gambar-gambar tertentu dan hal-hal yang orang katakan tentang mereka, melainkan dengan cara kita berbicara tentang ide citra, dan semua gagasan yang terkait dengan membayangkan, membayangkan, memahami, menyamakan, dan meniru. Ini adalah buku tentang gambar, oleh karena itu, yang tidak memiliki ilustrasi kecuali beberapa diagram skematik, sebuah buku tentang penglihatan yang ditulis seolah-olah oleh penulis buta untuk pembaca buta. Jika itu berisi wawasan apa pun tentang gambar-gambar material yang nyata, itu adalah jenis yang mungkin datang ke pendengar yang buta, mendengar percakapan pembicara yang melihat berbicara tentang gambar. Hipotesis saya adalah bahwa pendengar seperti itu mungkin melihat pola dalam percakapan ini yang tidak terlihat oleh peserta yang dapat melihat. Buku ini mencerminkan jawaban atas dua pertanyaan yang muncul secara teratur dalam percakapan ini: Apa itu gambar? Apa perbedaan antara gambar dan kata-kata? Ini mencoba untuk memahami jawaban tradisional atas pertanyaan-pertanyaan ini dalam kaitannya dengan kepentingan manusia yang memberi mereka urgensi dalam situasi tertentu. Mengapa penting apa gambar itu? Apa yang dipertaruhkan dalam menandai atau mencoret perbedaan antara gambar dan kata-kata? Apa sistem kekuasaan dan kanon nilai-yaitu, ideologi yang menginformasikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan menjadikannya masalah perselisihan polemik daripada kepentingan teoritis murni? Penulis menyebutnya "esai dalam ikonologi" untuk mengembalikan sesuatu dari arti harfiah kata ini. Ini adalah studi tentang "logos" (kata-kata, gagasan, wacana, atau "ilmu") dari "ikon" (gambar, gambar, atau rupa). Dengan demikian, ini adalah "teori gambar" dalam arti ganda: pertama, sebagai studi tentang "apa yang harus dikatakan tentang gambar"-tradisi "tulisan seni" yang kembali ke Imagines karya Philostratus, dan memusatkan perhatian pada deskripsi dan interpretasi seni visual; dan kedua, sebagai studi tentang "gambar apa". Chicago http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/BDN.08.02.22.png.png&width=200 x, 226 hlm.: ill. ; 21 cm. http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/BDN.08.02.22.png.png&width=200
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language English
topic Tanda dan simbol dalam Seni
spellingShingle Tanda dan simbol dalam Seni
MITCHELL, W.J. Thomas
Iconology: Image, Text, Ideology
description Buku ini membahas topik khusus tentang ikoonografi yang dapat diterapkan secara umum menyangkut dengan gambar, teks dan ideologi. Penulis, Mitchell menyatakan telah berusaha dengan sunggug-sungguh untuk mengeksplorasi sifat gambar dengan membandingkannya dengan kata-kata, atau, lebih tepatnya, dengan melihatnya dari sudut pandang bahasa verbal. Hal ini menjadikan buku ini lebih berbobot terkait kandungan informasi sesuai subjek yang menjadi pokok pembahasan. Ini adalah buku tentang hal-hal yang dikatakan orang tentang gambar. Hal ini tidak terutama berkaitan dengan gambar-gambar tertentu dan hal-hal yang orang katakan tentang mereka, melainkan dengan cara kita berbicara tentang ide citra, dan semua gagasan yang terkait dengan membayangkan, membayangkan, memahami, menyamakan, dan meniru. Ini adalah buku tentang gambar, oleh karena itu, yang tidak memiliki ilustrasi kecuali beberapa diagram skematik, sebuah buku tentang penglihatan yang ditulis seolah-olah oleh penulis buta untuk pembaca buta. Jika itu berisi wawasan apa pun tentang gambar-gambar material yang nyata, itu adalah jenis yang mungkin datang ke pendengar yang buta, mendengar percakapan pembicara yang melihat berbicara tentang gambar. Hipotesis saya adalah bahwa pendengar seperti itu mungkin melihat pola dalam percakapan ini yang tidak terlihat oleh peserta yang dapat melihat. Buku ini mencerminkan jawaban atas dua pertanyaan yang muncul secara teratur dalam percakapan ini: Apa itu gambar? Apa perbedaan antara gambar dan kata-kata? Ini mencoba untuk memahami jawaban tradisional atas pertanyaan-pertanyaan ini dalam kaitannya dengan kepentingan manusia yang memberi mereka urgensi dalam situasi tertentu. Mengapa penting apa gambar itu? Apa yang dipertaruhkan dalam menandai atau mencoret perbedaan antara gambar dan kata-kata? Apa sistem kekuasaan dan kanon nilai-yaitu, ideologi yang menginformasikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan menjadikannya masalah perselisihan polemik daripada kepentingan teoritis murni? Penulis menyebutnya "esai dalam ikonologi" untuk mengembalikan sesuatu dari arti harfiah kata ini. Ini adalah studi tentang "logos" (kata-kata, gagasan, wacana, atau "ilmu") dari "ikon" (gambar, gambar, atau rupa). Dengan demikian, ini adalah "teori gambar" dalam arti ganda: pertama, sebagai studi tentang "apa yang harus dikatakan tentang gambar"-tradisi "tulisan seni" yang kembali ke Imagines karya Philostratus, dan memusatkan perhatian pada deskripsi dan interpretasi seni visual; dan kedua, sebagai studi tentang "gambar apa".
format Buku Teks
author MITCHELL, W.J. Thomas
author_facet MITCHELL, W.J. Thomas
author_sort MITCHELL, W.J. Thomas
title Iconology: Image, Text, Ideology
title_short Iconology: Image, Text, Ideology
title_full Iconology: Image, Text, Ideology
title_fullStr Iconology: Image, Text, Ideology
title_full_unstemmed Iconology: Image, Text, Ideology
title_sort iconology: image, text, ideology
publisher The University of Chicago Press
publishDate 1986
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45608
callnumber-raw http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/BDN.08.02.22.png.png&width=200
callnumber-search http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/BDN.08.02.22.png.png&width=200
_version_ 1741202247748943872