Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi & Karakter Guru)

Buku “Menjadi Guru Berkarakter” memaparkan hak ikhwal pendidikan karakter, dan terutama apa dan bagaimana cara menjadi guru yang berkarakter. Guru merupakan sosok kunci dalam pendidikan Banyak pendapat bahwa sebagus apapun sistwm, kurikulum, dan sarana-sarana pendidikan, tidak ada artinya tanpa guru...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: WIBOWO, Agus, Hamrin
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: Pustaka Pelajar 2012
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45613
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Buku “Menjadi Guru Berkarakter” memaparkan hak ikhwal pendidikan karakter, dan terutama apa dan bagaimana cara menjadi guru yang berkarakter. Guru merupakan sosok kunci dalam pendidikan Banyak pendapat bahwa sebagus apapun sistwm, kurikulum, dan sarana-sarana pendidikan, tidak ada artinya tanpa guru yang berkualitas. Guru dituntut memenuhi standard professional agar pendidikan dan proses pengajaran dapat berjalan optimal. Buku ini terdiri dari tujuh bab. Bab 1 Pendahuluan, berisi subbab tentang guru sebagai jantung pendidikan (hal.1), profil guru masa depan (hal.5), tantangan versus peluang profesionalisme guru (hal.16), dan karakter guru professional (hal.33). Bab 2 Guru itu harus berkarakter, berisi tentang pengertian karakter (hal.41), karakter utama guru (hal.46), guru dan pendidikan karakter (hal.65), guru dan pengintegrasian pendidikan karakter (hal.81), dan guru dan pendidikan kewirausahaan (hal.89). Bab 3 Kompetensi sebagai karakter utama guru, berisi tentang pengertian kompetensi (hal.99), kompetensi pedagogik (hal.110), kepribadian (hal.113), professional (hal.117), dan sosial (hal.123). Bab 4 Soft skills sebagai karakter guru , berisi pendahuluan (hal.127), pengertian soft skills (hal.129), dan urgency soft skills bagi guru (hal.135). Bab 5 Intrapersonal skills bagi guru berisi poko-pokok bahasan tentang kesadaran (hal.147), cinta (hal.152), pikiran positif (hal.173), keyakinan (hal.183), konsentrasi (hal.189), keputusan (hal.192), dll. Bab 6 Interpersonal skills bagi guru, berisi tentang keterempilan berkomunikasi (hal.214), memotivaswi (hal.226), membangun tim (hal.234), negosiasi dan mediasi (hal.241). Bab 7 Penutup.Kata kunci: guru, pendidik, karakter