Penciptaan Karya Keramik: Redesain Anatomi Qilin

Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis hewan mitos. Pada umumnya, hewan mitos diwujudkan dengan bentuk yang aneh. Meskipun dianggap sebagai sesuatu yang tidak nyata, hewan dalam mitos juga telah beberapa kali terbukti sebagai hewan nyata (seperti kraken, mamantu, dan lain sebagainya). Anggapan ba...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WICAKSANA, Abibawa
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45632
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45632
record_format oai_dc
spelling isilib-456322022-02-10T14:15:14Z Penciptaan Karya Keramik: Redesain Anatomi Qilin WICAKSANA, Abibawa redesain Makhluk Mitolog Qilin Kriya Keramik PPS ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45632 TES/KKR/Wic/p/2021 Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis hewan mitos. Pada umumnya, hewan mitos diwujudkan dengan bentuk yang aneh. Meskipun dianggap sebagai sesuatu yang tidak nyata, hewan dalam mitos juga telah beberapa kali terbukti sebagai hewan nyata (seperti kraken, mamantu, dan lain sebagainya). Anggapan bahwa semua makhluk mitos merupakan sesuatu yang tidak nyata ini menjadikan banyak hewan mitos yang diadaptasi ke karya-karya yang diwujudkan ke bentuk yang lebih ekstrem, ataupun dibuat mengarah ke bentuk-bentuk tertentu dikarenakan terdapat deskripsi bentuk yang menyimpang. Sebagai reaksi dari arah-arah yang menyimpang tersebut, muncullah keinginan untuk merancang ulang bentuk makhluk mitos sehingga bentuknya lebih masuk akal, dengan menggunakan qilin sebagai objeknya. Khusus pada qilin, permasalahan yang dimilikinya adalah perwujudannya yang seringkali dibuat seperti hewan reptilia (naga) meskipun satu-satunya deskripsi bentuk tubuhnya yang sesuai dengan bentuk reptilia hanyalah sisik. Proses redesain yang dilakukan dimulai dari mengidenfitikasi deskripsi bagian-bagian tubuh qilin secara tekstual beserta kemungkinan-kemungkinan hewan dengan bagian tubuh yang mampu dijadikan pengganti setiap bagian tubuh dari qilin. Bagian-bagian tubuh tersebut kemudian dipilih yang dianggap sesuai, dimodifikasi apabila dibutuhkan, dan disusun ulang sehingga menjadi sebuah kesatuan rancangan bentuk tubuh qilin yang baru. Rancangan tersebut kemudian diuji dengan mewujudkan ke dalam bentuk tiga dimensi dengan menggunakan media tanah liat (keramik). Hasil dari pengujian rancangan (perwujudan karya) yang dilakukan berhasil membuktikah bahwa qilin tidak harus diwujudkan ke dalam bentuk reptilia. Dengan menggunakan bentuk sisik yang terinspirasi dari sisik trenggiling pada punggungnya, terbukti bahwa sangatlah mungkin untuk mewujudkan qilin ke dalam bentuk bercirikan hewan mamalia. Yogyakarta ix, 67 hal. : ilus. ; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic redesain
Makhluk Mitolog
Qilin
Kriya Keramik
NONE
spellingShingle redesain
Makhluk Mitolog
Qilin
Kriya Keramik
NONE
WICAKSANA, Abibawa
Penciptaan Karya Keramik: Redesain Anatomi Qilin
description Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis hewan mitos. Pada umumnya, hewan mitos diwujudkan dengan bentuk yang aneh. Meskipun dianggap sebagai sesuatu yang tidak nyata, hewan dalam mitos juga telah beberapa kali terbukti sebagai hewan nyata (seperti kraken, mamantu, dan lain sebagainya). Anggapan bahwa semua makhluk mitos merupakan sesuatu yang tidak nyata ini menjadikan banyak hewan mitos yang diadaptasi ke karya-karya yang diwujudkan ke bentuk yang lebih ekstrem, ataupun dibuat mengarah ke bentuk-bentuk tertentu dikarenakan terdapat deskripsi bentuk yang menyimpang. Sebagai reaksi dari arah-arah yang menyimpang tersebut, muncullah keinginan untuk merancang ulang bentuk makhluk mitos sehingga bentuknya lebih masuk akal, dengan menggunakan qilin sebagai objeknya. Khusus pada qilin, permasalahan yang dimilikinya adalah perwujudannya yang seringkali dibuat seperti hewan reptilia (naga) meskipun satu-satunya deskripsi bentuk tubuhnya yang sesuai dengan bentuk reptilia hanyalah sisik. Proses redesain yang dilakukan dimulai dari mengidenfitikasi deskripsi bagian-bagian tubuh qilin secara tekstual beserta kemungkinan-kemungkinan hewan dengan bagian tubuh yang mampu dijadikan pengganti setiap bagian tubuh dari qilin. Bagian-bagian tubuh tersebut kemudian dipilih yang dianggap sesuai, dimodifikasi apabila dibutuhkan, dan disusun ulang sehingga menjadi sebuah kesatuan rancangan bentuk tubuh qilin yang baru. Rancangan tersebut kemudian diuji dengan mewujudkan ke dalam bentuk tiga dimensi dengan menggunakan media tanah liat (keramik). Hasil dari pengujian rancangan (perwujudan karya) yang dilakukan berhasil membuktikah bahwa qilin tidak harus diwujudkan ke dalam bentuk reptilia. Dengan menggunakan bentuk sisik yang terinspirasi dari sisik trenggiling pada punggungnya, terbukti bahwa sangatlah mungkin untuk mewujudkan qilin ke dalam bentuk bercirikan hewan mamalia.
format Tugas Akhir
author WICAKSANA, Abibawa
author_facet WICAKSANA, Abibawa
author_sort WICAKSANA, Abibawa
title Penciptaan Karya Keramik: Redesain Anatomi Qilin
title_short Penciptaan Karya Keramik: Redesain Anatomi Qilin
title_full Penciptaan Karya Keramik: Redesain Anatomi Qilin
title_fullStr Penciptaan Karya Keramik: Redesain Anatomi Qilin
title_full_unstemmed Penciptaan Karya Keramik: Redesain Anatomi Qilin
title_sort penciptaan karya keramik: redesain anatomi qilin
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45632
_version_ 1741202252040765440