Print Casebooks 8, Volume 2: The best in packaging

Ketika empat desainer, katakanlah, duduk sebagai juri dalam beberapa sesi maka selama sesi pagi, mereka melihat entri (dalam bentuk slide) untuk menentukan-dengan surat suara rahasia-mana yang ingin mereka lihat lagi. Setelah istirahat makan siang, dan dengan mata segar, mereka melihat ke semifinali...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: INKELES, Ellen Opat.
Format: Buku Teks
Language:English
Published: RC Publication 1989
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45687
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45687
record_format oai_dc
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language English
topic desainer kemasan
desainer grafis
741.609 2
spellingShingle desainer kemasan
desainer grafis
741.609 2
INKELES, Ellen Opat.
Print Casebooks 8, Volume 2: The best in packaging
description Ketika empat desainer, katakanlah, duduk sebagai juri dalam beberapa sesi maka selama sesi pagi, mereka melihat entri (dalam bentuk slide) untuk menentukan-dengan surat suara rahasia-mana yang ingin mereka lihat lagi. Setelah istirahat makan siang, dan dengan mata segar, mereka melihat ke semifinalis, dan memilih lagi dengan pemungutan suara rahasia untuk menentukan 50 pemenang. Seorang juri berkomentar, "Ketika saya melihat entri-entri ini, saya duduk dan menunggu sesuatu untuk membangunkan saya. Bagi saya, itu kemasan yang efektif, terlepas dari sudut pandang estetika atau tidak. Jika saya berhenti dan melihat dan bereaksi dan memahami pesannya dengan cepat, saya pikir itu paket yang bagus." Juri lain menambahkan, "Ketika saya menilai sesuatu, saya mencoba memainkan kedua peran, sebagai desainer dan konsumen. Saya harus memihak konsumen. Beberapa desain adalah bagian pemasaran yang fantastis, dan itulah tujuannya, dan kemudian mereka secara kebetulan terlihat luar biasa. Untuk mendistorsi itu adalah dekorasi, dan benar-benar bertentangan dengan keseluruhan ide." Selain komunikasi langsung, selain estetika, memang ada benang merah yang mengalir melalui entri pemenang. Setelah penjurian, ketika para desainer pemenang ditanyai tentang tujuan pemasaran yang dicapai oleh paket mereka, hampir semuanya mengutip gambar kelas atas (atau kualitas). Tidak ada produk yang kebal. Saat Anda membaca kasus yang disajikan di sini, Anda akan menemukan pupuk kelas atas, es krim kelas atas, permen kelas atas, sandal kelas atas, sampo kelas atas, makanan pembuka beku kelas atas, roti kelas atas. Dalam satu contoh, seorang pemasar massal yang dikenal memenuhi selera dan kesukaan orang Amerika arus utama, mengatakan kepada produsen peralatan memancing bahwa kemasan produknya terlalu sederhana. Agar pengecer dapat menjalankan jalur tersebut, pengemasannya harus ditingkatkan. Pemasar massal ini sekarang mencoba memproyeksikan citra yang lebih mewah. Meskipun persyaratan gambar dari klien ini mungkin tidak berpengaruh pada kualitas keseluruhan desain kemasan pada pertengahan hingga akhir 1980-an, hal itu tentu saja mengatakan sesuatu tentang nilai-nilai kami. Lagi pula, apakah ada sesuatu yang secara inheren kelas atas? Apakah bir kelas atas? Apa yang membuat sirup cokelat mewah? Atau gula? Apakah kualitas alat penangkap ikan meningkat ketika pengemasan ditingkatkan? Kualitas dan "citra kelas atas" bukanlah hal yang sama, ahli strategi pemasaran cenderung mengaburkan perbedaan antara dua nilai yang sangat terpisah itu. Yang harus diingat oleh para desainer kemasan, seperti yang dikatakan seorang juri, adalah, "Ada banyak janji dengan presentasi produk. Anda bisa menipu konsumen sekali, tapi tidak dua kali. Anda tidak bisa membuat produk yang biasa-biasa saja menjadi premium." Di sisi lain, upaya untuk tampilan kelas atas ini belum tentu merupakan hal yang "buruk" jika memang membantu meningkatkan kualitas keseluruhan desain itu sendiri. Desain yang baik berkomunikasi. Oleh karena itu, desain yang baik membebaskan. Karena standar estetika baru ditetapkan dalam komunitas desain, demikian pula standar tersebut ditetapkan untuk publik. Tapi itu lebih dalam dari sekedar meningkatkan pemahaman estetika. Jelas, kualitas produk itu sendiri harus ditingkatkan secara keseluruhan. Lagi pula, tidak ada yang peduli betapa cantiknya kemasannya jika keripiknya terasa seperti makanan bebek atau sabunnya tidak bersih. Jika produsen akan bersikeras bahwa kemasan mereka menyampaikan kualitas tinggi tertentu, maka produk mereka memang harus memenuhi klaim. Dan sisi sebaliknya adalah itu kemasan "berkualitas" dapat mengangkat produk ke tempat yang layak di mata konsumen. Untuk menjawab pertanyaan sebelumnya: Tidak, kualitas alat tangkap tidak meningkat karena kemasan baru. Itu adalah keluarga produk yang bagus untuk memulai, tetapi sekarang, karena distribusi yang lebih luas dan daya tarik rak yang lebih besar, lebih banyak penggemar memancing yang mengetahuinya (dan apakah itu). Triknya adalah dengan meningkatkan kesadaran desain dan kualitas konsumen tanpa terjerumus ke dalam jebakan kepura-puraan. Dan tanpa terkecuali, itulah yang telah dicapai oleh masing-masing pemenang kemasan di sini. Jika Anda memikirkannya terlalu lama atau keras, es krim batangan premium adalah obsesi yang aneh, tetapi meskipun paket tersebut mengomunikasikan pesan berkualitas tinggi dengan jelas, ia melakukannya dengan humor dan kasih sayang yang luar biasa. Hampir semua orang bisa ikut bersenang-senang. Dan gula premium? Kemungkinannya bagus bahwa Amerika arus utama akan tetap dengan standby lamanya, tetapi mungkin sifat-sifat paket premium akan menetes saat konsumen mulai menuntut ketahanan terhadap kelembaban dan kemampuan menutup kembali. Jika kemudahan dan kenyamanan wadah keju standar berfungsi untuk biji bunga, aplikasi tambahan apa yang dimilikinya? Dan, jika kemasan perangkat lunak dapat diakses, menarik, dan ramah, maka mungkin, di pasar saat ini, perangkat lunak itu sendiri juga demikian. Kemasan adalah tentang janji. Jika produsen saat ini menyebut kemasan yang baik "kelas atas" dan "kualitas tinggi", baiklah. Asalkan janji ditepati.
format Buku Teks
author INKELES, Ellen Opat.
author_facet INKELES, Ellen Opat.
author_sort INKELES, Ellen Opat.
title Print Casebooks 8, Volume 2: The best in packaging
title_short Print Casebooks 8, Volume 2: The best in packaging
title_full Print Casebooks 8, Volume 2: The best in packaging
title_fullStr Print Casebooks 8, Volume 2: The best in packaging
title_full_unstemmed Print Casebooks 8, Volume 2: The best in packaging
title_sort print casebooks 8, volume 2: the best in packaging
publisher RC Publication
publishDate 1989
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45687
callnumber-raw http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/AT.09.03.2022.png.png&width=200
callnumber-search http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/AT.09.03.2022.png.png&width=200
_version_ 1741202261952954368
spelling isilib-456872022-03-03T14:51:31Z Print Casebooks 8, Volume 2: The best in packaging INKELES, Ellen Opat. desainer kemasan desainer grafis RC Publication 1989 en Buku Teks http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45687 0-915734-64-8 741.609 2 Ink p-2 Ketika empat desainer, katakanlah, duduk sebagai juri dalam beberapa sesi maka selama sesi pagi, mereka melihat entri (dalam bentuk slide) untuk menentukan-dengan surat suara rahasia-mana yang ingin mereka lihat lagi. Setelah istirahat makan siang, dan dengan mata segar, mereka melihat ke semifinalis, dan memilih lagi dengan pemungutan suara rahasia untuk menentukan 50 pemenang. Seorang juri berkomentar, "Ketika saya melihat entri-entri ini, saya duduk dan menunggu sesuatu untuk membangunkan saya. Bagi saya, itu kemasan yang efektif, terlepas dari sudut pandang estetika atau tidak. Jika saya berhenti dan melihat dan bereaksi dan memahami pesannya dengan cepat, saya pikir itu paket yang bagus." Juri lain menambahkan, "Ketika saya menilai sesuatu, saya mencoba memainkan kedua peran, sebagai desainer dan konsumen. Saya harus memihak konsumen. Beberapa desain adalah bagian pemasaran yang fantastis, dan itulah tujuannya, dan kemudian mereka secara kebetulan terlihat luar biasa. Untuk mendistorsi itu adalah dekorasi, dan benar-benar bertentangan dengan keseluruhan ide." Selain komunikasi langsung, selain estetika, memang ada benang merah yang mengalir melalui entri pemenang. Setelah penjurian, ketika para desainer pemenang ditanyai tentang tujuan pemasaran yang dicapai oleh paket mereka, hampir semuanya mengutip gambar kelas atas (atau kualitas). Tidak ada produk yang kebal. Saat Anda membaca kasus yang disajikan di sini, Anda akan menemukan pupuk kelas atas, es krim kelas atas, permen kelas atas, sandal kelas atas, sampo kelas atas, makanan pembuka beku kelas atas, roti kelas atas. Dalam satu contoh, seorang pemasar massal yang dikenal memenuhi selera dan kesukaan orang Amerika arus utama, mengatakan kepada produsen peralatan memancing bahwa kemasan produknya terlalu sederhana. Agar pengecer dapat menjalankan jalur tersebut, pengemasannya harus ditingkatkan. Pemasar massal ini sekarang mencoba memproyeksikan citra yang lebih mewah. Meskipun persyaratan gambar dari klien ini mungkin tidak berpengaruh pada kualitas keseluruhan desain kemasan pada pertengahan hingga akhir 1980-an, hal itu tentu saja mengatakan sesuatu tentang nilai-nilai kami. Lagi pula, apakah ada sesuatu yang secara inheren kelas atas? Apakah bir kelas atas? Apa yang membuat sirup cokelat mewah? Atau gula? Apakah kualitas alat penangkap ikan meningkat ketika pengemasan ditingkatkan? Kualitas dan "citra kelas atas" bukanlah hal yang sama, ahli strategi pemasaran cenderung mengaburkan perbedaan antara dua nilai yang sangat terpisah itu. Yang harus diingat oleh para desainer kemasan, seperti yang dikatakan seorang juri, adalah, "Ada banyak janji dengan presentasi produk. Anda bisa menipu konsumen sekali, tapi tidak dua kali. Anda tidak bisa membuat produk yang biasa-biasa saja menjadi premium." Di sisi lain, upaya untuk tampilan kelas atas ini belum tentu merupakan hal yang "buruk" jika memang membantu meningkatkan kualitas keseluruhan desain itu sendiri. Desain yang baik berkomunikasi. Oleh karena itu, desain yang baik membebaskan. Karena standar estetika baru ditetapkan dalam komunitas desain, demikian pula standar tersebut ditetapkan untuk publik. Tapi itu lebih dalam dari sekedar meningkatkan pemahaman estetika. Jelas, kualitas produk itu sendiri harus ditingkatkan secara keseluruhan. Lagi pula, tidak ada yang peduli betapa cantiknya kemasannya jika keripiknya terasa seperti makanan bebek atau sabunnya tidak bersih. Jika produsen akan bersikeras bahwa kemasan mereka menyampaikan kualitas tinggi tertentu, maka produk mereka memang harus memenuhi klaim. Dan sisi sebaliknya adalah itu kemasan "berkualitas" dapat mengangkat produk ke tempat yang layak di mata konsumen. Untuk menjawab pertanyaan sebelumnya: Tidak, kualitas alat tangkap tidak meningkat karena kemasan baru. Itu adalah keluarga produk yang bagus untuk memulai, tetapi sekarang, karena distribusi yang lebih luas dan daya tarik rak yang lebih besar, lebih banyak penggemar memancing yang mengetahuinya (dan apakah itu). Triknya adalah dengan meningkatkan kesadaran desain dan kualitas konsumen tanpa terjerumus ke dalam jebakan kepura-puraan. Dan tanpa terkecuali, itulah yang telah dicapai oleh masing-masing pemenang kemasan di sini. Jika Anda memikirkannya terlalu lama atau keras, es krim batangan premium adalah obsesi yang aneh, tetapi meskipun paket tersebut mengomunikasikan pesan berkualitas tinggi dengan jelas, ia melakukannya dengan humor dan kasih sayang yang luar biasa. Hampir semua orang bisa ikut bersenang-senang. Dan gula premium? Kemungkinannya bagus bahwa Amerika arus utama akan tetap dengan standby lamanya, tetapi mungkin sifat-sifat paket premium akan menetes saat konsumen mulai menuntut ketahanan terhadap kelembaban dan kemampuan menutup kembali. Jika kemudahan dan kenyamanan wadah keju standar berfungsi untuk biji bunga, aplikasi tambahan apa yang dimilikinya? Dan, jika kemasan perangkat lunak dapat diakses, menarik, dan ramah, maka mungkin, di pasar saat ini, perangkat lunak itu sendiri juga demikian. Kemasan adalah tentang janji. Jika produsen saat ini menyebut kemasan yang baik "kelas atas" dan "kualitas tinggi", baiklah. Asalkan janji ditepati. Maryland http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/AT.09.03.2022.png.png&width=200 296 hal. : il. ; 29 cm 741.609 2 http://opac.isi.ac.id//lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/AT.09.03.2022.png.png&width=200