Konstruksi Identitas Asri Dalam Arena Kuasa Simbolik Seni Rupa Modern

Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) berdiri lima tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Situasi saat pendirian ASRI sarat dengan semangat mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Identitas ASRI terbangun lewat peran-peran aktor yang terlibat dalam diskusi kebudayaan nasional Indonesi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROSIDI, Muhammad Rain
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45716
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) berdiri lima tahun setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Situasi saat pendirian ASRI sarat dengan semangat mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Identitas ASRI terbangun lewat peran-peran aktor yang terlibat dalam diskusi kebudayaan nasional Indonesia, kebangunan seniman (pelukis) dan organisasinya, dan pendidikan yang bebas dari kolonialisme. Seni rupa modern yang dibawa oleh kolonial Eropa merupakan bagian dari projek modernisasi. Modernisasi dalam seni rupa membentuk masyarakat seniman yang memiliki kesadaran mengenai seni yang memiliki peran intelektual dalam kebudayaan, memiliki kesadaran organisasi, dan kebutuhan pewarisan pengetahuan seni dalam bentuk pendidikan. Dalam menerima seni modern itu masyarakat seni melakukan bentuk internalisasi terhadap legitimasi, resistensi, dan projek identitas. Resistensi terjadi dalam mendefinisikan seni modern terjadi dalam seni lukis. Kesadaran ini membangun identitas komunitas seniman dalam meposisikan dirinya dalam masyarakat dan dalam arena seni dunia. Identitas sebagai projek mendapat peluang pada masa pendudukan Jepang. Pada saat itu para seniman dilibatkan dalam kegiatan propaganda dan menjadi bagian dari lembaga kebudayaan yang mengurusi soal-soal seni dan di luar seni. Pasca kemerdekaan lembaga yang melegitimasi seni modern yang dikuasai oleh masyarakat Barat ditiru dan dikembangkan dalam bentuk pelembagaan-pelembagaan di bidang seni, dari pelembagaan perbincangan melalui kongres, pelembagaan organisasi seni, dan pelembagaan sistem pendidikan. ASRI dan individu-individu di dalamnya memerankan dirinya dalam pertarungan kuasa simbolik yang terjadi dalam arena seni rupa, baik di tingkat nasional maupun internasional.