Hubungan Persepsi Ritme Dengan Keterampilan Teknis Pola Permainan Drum dan Kendang Sunda
Asumsi adanya dan bagaimana hubungan antara persepsi ritme dan keterampilan teknis dalam pola permainan drum dan kendang sunda belum diketahui secara pasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor stimulan terbentuknya hubungan antara persepsi ritme dengan keterampilan teknis,...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45780 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-45780 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-457802022-03-16T15:11:14Z Hubungan Persepsi Ritme Dengan Keterampilan Teknis Pola Permainan Drum dan Kendang Sunda ANTON Febrindo Luwiga, Abraham persepsi ritme keterampilan teknis Kendang Sunda drum PPS ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45780 TES/MS/Ant/h/2022 Asumsi adanya dan bagaimana hubungan antara persepsi ritme dan keterampilan teknis dalam pola permainan drum dan kendang sunda belum diketahui secara pasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor stimulan terbentuknya hubungan antara persepsi ritme dengan keterampilan teknis, mendeskripsikan proses terbentuknya hubungan tersebut dan menjelaskan penyebab persepsi ritme mendukung keterampilan teknis pemain drum dan kendang sunda. Teori yang digunakan yaitu siklus persepsi-tindakan tentang proses resiprokal atau saling memengaruhi antara persepsi dan tindakan. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan berfokus pada persepsi ritme, keterampilan teknis dan hubungan antara keduanya dengan melakukan wawancara terhadap enam orang masing-masing tiga orang pemain drum dan tiga pemain kendang sunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan keputusan yang menghasilkan persepsi ritme. Motivasi pemain untuk mengenal drum dan kendang sunda berasal dari faktor internal dan eksternal, yang mendorong pemain untuk belajar secara otodidak. Selanjutnya, pemain memutuskan untuk mengikuti pendidikan formal di bidang musik, khususnya instrumen drum dan kendang sunda. Proses belajar otodidak dan formal tersebut menghasilkan persepsi terhadap ritme. Persepsi ritme bertugas merepresentasikan informasi ritme menjadi sebuah tindakan riil berupa keterampilan teknis. Keterampilan teknis yang terbentuk selanjutnya memengaruhi pembentukan dan melengkapi persepsi ritme yang sudah dimiliki sebelumnya. Persepsi ritme dan keterampilan teknis berhubungan secara resiprokal, saling mempengaruhi satu sama lain. Yogyakarta vii, 58 hlm.: ill.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
persepsi ritme keterampilan teknis Kendang Sunda drum NONE |
spellingShingle |
persepsi ritme keterampilan teknis Kendang Sunda drum NONE ANTON Febrindo Luwiga, Abraham Hubungan Persepsi Ritme Dengan Keterampilan Teknis Pola Permainan Drum dan Kendang Sunda |
description |
Asumsi adanya dan bagaimana hubungan antara persepsi ritme dan keterampilan teknis dalam pola permainan drum dan kendang sunda belum diketahui secara pasti. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor stimulan terbentuknya hubungan antara persepsi ritme dengan keterampilan teknis, mendeskripsikan proses terbentuknya hubungan tersebut dan menjelaskan penyebab persepsi ritme mendukung keterampilan teknis pemain drum dan kendang sunda. Teori yang digunakan yaitu siklus persepsi-tindakan tentang proses resiprokal atau saling memengaruhi antara persepsi dan tindakan. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan berfokus pada persepsi ritme, keterampilan teknis dan hubungan antara keduanya dengan melakukan wawancara terhadap enam orang masing-masing tiga orang pemain drum dan tiga pemain kendang sunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan keputusan yang menghasilkan persepsi ritme. Motivasi pemain untuk mengenal drum dan kendang sunda berasal dari faktor internal dan eksternal, yang mendorong pemain untuk belajar secara otodidak. Selanjutnya, pemain memutuskan untuk mengikuti pendidikan formal di bidang musik, khususnya instrumen drum dan kendang sunda. Proses belajar otodidak dan formal tersebut menghasilkan persepsi terhadap ritme. Persepsi ritme bertugas merepresentasikan informasi ritme menjadi sebuah tindakan riil berupa keterampilan teknis. Keterampilan teknis yang terbentuk selanjutnya memengaruhi pembentukan dan melengkapi persepsi ritme yang sudah dimiliki sebelumnya. Persepsi ritme dan keterampilan teknis berhubungan secara resiprokal, saling mempengaruhi satu sama lain. |
format |
Tugas Akhir |
author |
ANTON Febrindo Luwiga, Abraham |
author_facet |
ANTON Febrindo Luwiga, Abraham |
author_sort |
ANTON Febrindo Luwiga, Abraham |
title |
Hubungan Persepsi Ritme Dengan Keterampilan Teknis Pola Permainan Drum dan Kendang Sunda |
title_short |
Hubungan Persepsi Ritme Dengan Keterampilan Teknis Pola Permainan Drum dan Kendang Sunda |
title_full |
Hubungan Persepsi Ritme Dengan Keterampilan Teknis Pola Permainan Drum dan Kendang Sunda |
title_fullStr |
Hubungan Persepsi Ritme Dengan Keterampilan Teknis Pola Permainan Drum dan Kendang Sunda |
title_full_unstemmed |
Hubungan Persepsi Ritme Dengan Keterampilan Teknis Pola Permainan Drum dan Kendang Sunda |
title_sort |
hubungan persepsi ritme dengan keterampilan teknis pola permainan drum dan kendang sunda |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45780 |
_version_ |
1741202278778404864 |