Kesadaran Refleksi Aktor Sandiwara Berbahasa Jawa Studi Kasus Kelompok Sedhut Senut

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesadaran sinis yang berkaitan dengan pengalaman, hasrat, dan perenungan kembali tentang nilai-nilai kehidupan yang dialami oleh para aktor Kelompok Sedhut Senut. Pada realitasnya bahwa aktor juga berbenturan dengan kesadaran sinis yang dialaminya. Teori yang di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDHARTA, Ely Andra
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45794
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45794
record_format oai_dc
spelling isilib-457942022-03-17T10:49:32Z Kesadaran Refleksi Aktor Sandiwara Berbahasa Jawa Studi Kasus Kelompok Sedhut Senut WIDHARTA, Ely Andra Sedhut Senut refleksi sinisme Kesadaran Sandiwara PPS ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45794 - TES/TE/Wid/k/2021 Penelitian ini bertujuan menganalisis kesadaran sinis yang berkaitan dengan pengalaman, hasrat, dan perenungan kembali tentang nilai-nilai kehidupan yang dialami oleh para aktor Kelompok Sedhut Senut. Pada realitasnya bahwa aktor juga berbenturan dengan kesadaran sinis yang dialaminya. Teori yang dipakai adalah ekspresi, kreativitas, dan fantasi. Ekpresi menjadi pendekatan untuk menganalisis para pelaku aktor di dalam kelompok terkait kesadaran berkelompok. Kreativitas digunakan untuk pendekatan para aktor atau pelaku dalam proses kreatif maupun kesadaran estetika dalam berteater. Sementara fantasi digunakan untuk pendekatan kelompok teater dalam upaya mewujudkan ideologi teater sementara perwujudkan tersebut melahirkan sinisme di dalam proses kreatifnya. Metode yang digunakan dalam adalah penelitian kualitatif, di mana data didapatkan melalui catatan lapangan dan wawancara terhadap narasumber internal dari kelompok dan narasumber eksternal yaitu penonton. Hasil penelitian ini sebagai berikut, kesadaran berteater, kesadaran memilih ruang pentas, kesadaran etstetika, sampai dengan pengaruh kesadaran sinis rupanya dipengaruhi oleh hasrat ideologi berteater. Namun, ideologi sebuah kelompok juga bagian dari upaya fantasi yang terdiri dari rangkaian proses kreatif dan eksistensi para aktor atau pelakunya. Upaya mewujudkan ideologi itu pun tidak selalu berhasil karena selalu ada pengaruh daya sinisme di tengah proses kreatif. Namun, apa yang dialami oleh kelompok ini justru menemukan kesadaran refleksi. Dari kesadaran tersebut lalu kelompok ini mengalami ekstrospeksi dan intorspeksi. Kemauan melihat keluar dan kedalam sebagai refleksi untuk terus mewujudkan ideologi teater dan kesadaran estetika berikut dengan tantangan selama proses kreatif. Kata kunci : sandiwara, sedhut senut, kesadaran, sinisme, refleksi. Yogyakarta xi, 143 hal.ilus.; 29 cm. TES/TE/Wid/k/2021 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Sedhut Senut
refleksi
sinisme
Kesadaran
Sandiwara
TES/TE/Wid/k/2021
spellingShingle Sedhut Senut
refleksi
sinisme
Kesadaran
Sandiwara
TES/TE/Wid/k/2021
WIDHARTA, Ely Andra
Kesadaran Refleksi Aktor Sandiwara Berbahasa Jawa Studi Kasus Kelompok Sedhut Senut
description Penelitian ini bertujuan menganalisis kesadaran sinis yang berkaitan dengan pengalaman, hasrat, dan perenungan kembali tentang nilai-nilai kehidupan yang dialami oleh para aktor Kelompok Sedhut Senut. Pada realitasnya bahwa aktor juga berbenturan dengan kesadaran sinis yang dialaminya. Teori yang dipakai adalah ekspresi, kreativitas, dan fantasi. Ekpresi menjadi pendekatan untuk menganalisis para pelaku aktor di dalam kelompok terkait kesadaran berkelompok. Kreativitas digunakan untuk pendekatan para aktor atau pelaku dalam proses kreatif maupun kesadaran estetika dalam berteater. Sementara fantasi digunakan untuk pendekatan kelompok teater dalam upaya mewujudkan ideologi teater sementara perwujudkan tersebut melahirkan sinisme di dalam proses kreatifnya. Metode yang digunakan dalam adalah penelitian kualitatif, di mana data didapatkan melalui catatan lapangan dan wawancara terhadap narasumber internal dari kelompok dan narasumber eksternal yaitu penonton. Hasil penelitian ini sebagai berikut, kesadaran berteater, kesadaran memilih ruang pentas, kesadaran etstetika, sampai dengan pengaruh kesadaran sinis rupanya dipengaruhi oleh hasrat ideologi berteater. Namun, ideologi sebuah kelompok juga bagian dari upaya fantasi yang terdiri dari rangkaian proses kreatif dan eksistensi para aktor atau pelakunya. Upaya mewujudkan ideologi itu pun tidak selalu berhasil karena selalu ada pengaruh daya sinisme di tengah proses kreatif. Namun, apa yang dialami oleh kelompok ini justru menemukan kesadaran refleksi. Dari kesadaran tersebut lalu kelompok ini mengalami ekstrospeksi dan intorspeksi. Kemauan melihat keluar dan kedalam sebagai refleksi untuk terus mewujudkan ideologi teater dan kesadaran estetika berikut dengan tantangan selama proses kreatif. Kata kunci : sandiwara, sedhut senut, kesadaran, sinisme, refleksi.
format Tugas Akhir
author WIDHARTA, Ely Andra
author_facet WIDHARTA, Ely Andra
author_sort WIDHARTA, Ely Andra
title Kesadaran Refleksi Aktor Sandiwara Berbahasa Jawa Studi Kasus Kelompok Sedhut Senut
title_short Kesadaran Refleksi Aktor Sandiwara Berbahasa Jawa Studi Kasus Kelompok Sedhut Senut
title_full Kesadaran Refleksi Aktor Sandiwara Berbahasa Jawa Studi Kasus Kelompok Sedhut Senut
title_fullStr Kesadaran Refleksi Aktor Sandiwara Berbahasa Jawa Studi Kasus Kelompok Sedhut Senut
title_full_unstemmed Kesadaran Refleksi Aktor Sandiwara Berbahasa Jawa Studi Kasus Kelompok Sedhut Senut
title_sort kesadaran refleksi aktor sandiwara berbahasa jawa studi kasus kelompok sedhut senut
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45794
_version_ 1741202281294987264