Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memahami dan melihat bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw learning dan segi manfaat pada peningkatan keaktifan belajar dan sebagai pertumbuhan rasa sosial dalam diri peserta didik pada mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik. Mengen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANTININGSIH, Lintang
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Musik FSP ISI Yk. 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45800
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45800
record_format oai_dc
spelling isilib-458002022-03-18T08:34:19Z Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta PURWANTININGSIH, Lintang Seni Musik pembelajaran kooperatif Jigsaw learning Jur. Musik FSP ISI Yk. 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45800 - MS/Pur/p/2021 Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memahami dan melihat bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw learning dan segi manfaat pada peningkatan keaktifan belajar dan sebagai pertumbuhan rasa sosial dalam diri peserta didik pada mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik. Mengenai penelitian ini penulis menggunakan teori pembelajaran, wawancara dengan guru seni budaya, hasil dari belajar siswa, model pembelajaran kooperatif, dan jigsaw learning. Penelitian ini juga mengamati tentang mata pelajaran Seni Budaya khususnya Seni Musik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dua siklus mengggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil akhir penelitian dan bahasan ditemukan dan disimpulkan bahwa pertama, metode Jigsaw adalah penerapan pembelajaran dengan menumbuhkan kerja sama sesama peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta dengan membuat kelompok ahli dan menumbuhkan keaktifan siswa kepada guru maupun dengan teman-teman satu kelas; yang kedua; penerapan metode jigsaw learning dapat memajukan perkembangan rasa sosial peserta didik sehingga suasana kelas menjadi semakin efektif dan peserta didik secara aktif menjadi bertanggung jawab pada teman-teman satu kelompoknya dalam materi pengenalan genre musik dan keberagaman musik nusantara. Yogyakarta x, 105 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Seni Musik
pembelajaran kooperatif
Jigsaw learning
NONE
spellingShingle Seni Musik
pembelajaran kooperatif
Jigsaw learning
NONE
PURWANTININGSIH, Lintang
Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta
description Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memahami dan melihat bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw learning dan segi manfaat pada peningkatan keaktifan belajar dan sebagai pertumbuhan rasa sosial dalam diri peserta didik pada mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik. Mengenai penelitian ini penulis menggunakan teori pembelajaran, wawancara dengan guru seni budaya, hasil dari belajar siswa, model pembelajaran kooperatif, dan jigsaw learning. Penelitian ini juga mengamati tentang mata pelajaran Seni Budaya khususnya Seni Musik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dua siklus mengggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil akhir penelitian dan bahasan ditemukan dan disimpulkan bahwa pertama, metode Jigsaw adalah penerapan pembelajaran dengan menumbuhkan kerja sama sesama peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta dengan membuat kelompok ahli dan menumbuhkan keaktifan siswa kepada guru maupun dengan teman-teman satu kelas; yang kedua; penerapan metode jigsaw learning dapat memajukan perkembangan rasa sosial peserta didik sehingga suasana kelas menjadi semakin efektif dan peserta didik secara aktif menjadi bertanggung jawab pada teman-teman satu kelompoknya dalam materi pengenalan genre musik dan keberagaman musik nusantara.
format Tugas Akhir
author PURWANTININGSIH, Lintang
author_facet PURWANTININGSIH, Lintang
author_sort PURWANTININGSIH, Lintang
title Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta
title_short Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta
title_full Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta
title_fullStr Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta
title_full_unstemmed Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta
title_sort penerapan metode kooperatif tipe jigsaw learning dalam pembelajaran seni musik di sekolah menengah atas negeri 5 surakarta
publisher Jur. Musik FSP ISI Yk.
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45800
_version_ 1741202282383409152