Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia

Native advertising dalam website berita adalah strategi pemasaran yang menempatkan konten iklan di persimpangan komersial dan jurnalistik. Strategi ini berpotensi memicu kesalahan persepsi bagi konsumen yang mungkin tidak dapat membedakan antara iklan dan berita. Penelitian makna konotasi bertujuan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ODILLA, Lisa
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45868
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45868
record_format oai_dc
spelling isilib-458682022-04-13T14:24:38Z Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia ODILLA, Lisa desain komunikasi visual native advertising tanda makna konotasi PPS ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45868 - TES/DK/Odi/m/2021 Native advertising dalam website berita adalah strategi pemasaran yang menempatkan konten iklan di persimpangan komersial dan jurnalistik. Strategi ini berpotensi memicu kesalahan persepsi bagi konsumen yang mungkin tidak dapat membedakan antara iklan dan berita. Penelitian makna konotasi bertujuan untuk memahami pesan implisit dalam native advertising, serta kontekstualisasinya di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Diklasifikasikan berdasarkan pada teori semiotika dengan kontruksi teori komunikasi, sosiologi, pemasaran, psikologi persuasif, budaya visual dan desain komunikasi visual dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tanda verbal dan tanda visual, serta menginterpretasikan makna konota¬¬si tanda dan pesan dalam native advertising. Penelitian ini menunjukkan kebaruan bahwa native advertising adalah strategi pemasaran yang menggunakan kode-kode budaya untuk menciptakan narasi iklan dalam bentuk jurnalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten native advertising menekankan tanda mewakili realitas sosial, berupa pandangan atau gagasan atas suatu objek (realitas produk) di masyarakat. Meskipun tidak memiliki acuan kepada realitas sesungguhnya, namun pandangan-pandangan tersebut menjadi suatu hal yang wajar dan alamiah. Strategi ini secara psikologi mempersuasi interpretasi konsumen terhadap nilai sosial budaya guna menarik perhatian publik sehingga berefek pada keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini secara praktik memberikan manfaat bagi praktisi periklanan, media periklanan online dan civitas akademika khususnya dalam kajian desain komunikasi visual. Kajian¬ ini memberikan sumbangan pengetahuan, serta dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk memperluas wawasan, kreativitas, memperkaya teknik dan media dalam memanfaatkan elemen-elemen visual dan verbal yang berasosiasi dengan kode budaya. Kata Kunci: Native Advertising, Tanda, Makna Konotasi, Komunikasi Visual Yogyakarta xvii, 288 hal.: ilus.; 29 cm. TES/DK/Odi/m/2021 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic desain komunikasi visual
native advertising
tanda makna konotasi
TES/DK/Odi/m/2021
spellingShingle desain komunikasi visual
native advertising
tanda makna konotasi
TES/DK/Odi/m/2021
ODILLA, Lisa
Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia
description Native advertising dalam website berita adalah strategi pemasaran yang menempatkan konten iklan di persimpangan komersial dan jurnalistik. Strategi ini berpotensi memicu kesalahan persepsi bagi konsumen yang mungkin tidak dapat membedakan antara iklan dan berita. Penelitian makna konotasi bertujuan untuk memahami pesan implisit dalam native advertising, serta kontekstualisasinya di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Diklasifikasikan berdasarkan pada teori semiotika dengan kontruksi teori komunikasi, sosiologi, pemasaran, psikologi persuasif, budaya visual dan desain komunikasi visual dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan tanda verbal dan tanda visual, serta menginterpretasikan makna konota¬¬si tanda dan pesan dalam native advertising. Penelitian ini menunjukkan kebaruan bahwa native advertising adalah strategi pemasaran yang menggunakan kode-kode budaya untuk menciptakan narasi iklan dalam bentuk jurnalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten native advertising menekankan tanda mewakili realitas sosial, berupa pandangan atau gagasan atas suatu objek (realitas produk) di masyarakat. Meskipun tidak memiliki acuan kepada realitas sesungguhnya, namun pandangan-pandangan tersebut menjadi suatu hal yang wajar dan alamiah. Strategi ini secara psikologi mempersuasi interpretasi konsumen terhadap nilai sosial budaya guna menarik perhatian publik sehingga berefek pada keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini secara praktik memberikan manfaat bagi praktisi periklanan, media periklanan online dan civitas akademika khususnya dalam kajian desain komunikasi visual. Kajian¬ ini memberikan sumbangan pengetahuan, serta dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk memperluas wawasan, kreativitas, memperkaya teknik dan media dalam memanfaatkan elemen-elemen visual dan verbal yang berasosiasi dengan kode budaya. Kata Kunci: Native Advertising, Tanda, Makna Konotasi, Komunikasi Visual
format Tugas Akhir
author ODILLA, Lisa
author_facet ODILLA, Lisa
author_sort ODILLA, Lisa
title Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia
title_short Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia
title_full Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia
title_fullStr Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia
title_full_unstemmed Makna Konotasi Native Advertising Dalam Website Berita Indonesia
title_sort makna konotasi native advertising dalam website berita indonesia
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2022
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45868
_version_ 1741202294891872256