Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen

Mindplace Studio merupakan rumah produksi yang bergerak dalam bidang pembuatan video seni. Mereka perupakan konten kreator di Youtube. Dalam pekerjaannya, mereka membuat video yang bertema pop culture dengan tema mayor game real life dimana video itu terlihat asli seperti ada pada game. Mindplace st...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ratnasari, Dwinita
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45869
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45869
record_format oai_dc
spelling isilib-458692022-04-21T07:59:18Z Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen Ratnasari, Dwinita Efek Komunikasi video seni Pemasaran Konten Digital PPS ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45869 - TES/TKS/Rat/s/2022 Mindplace Studio merupakan rumah produksi yang bergerak dalam bidang pembuatan video seni. Mereka perupakan konten kreator di Youtube. Dalam pekerjaannya, mereka membuat video yang bertema pop culture dengan tema mayor game real life dimana video itu terlihat asli seperti ada pada game. Mindplace studio berjalan sudah 3 tahun ini namun sudah memiliki cukup banyak subscriber yaitu sebanyak 1.14 juta (dari data November 2021) . Dalam pembahasan ini mereka memiliki dua jenis konsumen yang pertama adalah penonton Youtube dan yang kedua adalah konsumen yang menghasilkan kerja sama, diantaranya media iklan, pembuatan kontrn video dan video grafis untuk perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap Lead Content Mindplace Studio, Marketing Mindplace Studio, Narasumber ahli dibidang multimedia, dan tiga konsumen yang telah bekerja sama dengan Mindplace Studio. Hasil dari penelitian ini adalah ; (1)Mindplace menjalankan Strategi Pemasaran Konten Digital sesuai dengan 8 kunci yang dijelaskan Kotler dengan hasil diantaranya keunggulan dalam strateginya yaitu dalam penggagasan konten, penciptaan konten, dan penguatan konten. Mindplace memilki kualitas dalam berkesenian membuat video. Hal ini diakui juga oleh konsumen Mindplace dalam perhatiannya (attention) saat kesan pertama melihat konten youtbe mereka. karakteristik video konten Youtube Mindplace sangat kuat. mereka memiliki tema pop culture yang sering diminati banyak konsumen dan dikombinasikan dengan kemampuan berkeseniannya dalam produksi video pada visual efek. 2)Efek komunikasi dari pemasaran konten digital Mindplace terhadap konsumen sesuai dengan teori AIDA dengan hasil pada pendistribusian konten, konsumen lebih memiliki ketertarikan pada hasil konten visual sehingga brand Mindplace terlihat. Pada jasa pembuatan video grafis, konsumen memiliki ketertarikan dari professional kerja dimana hal ini jarang diketahui jika tidak mengenal baik sosok Mindplace. Yogyakarta xiv, 134 hal.: ilus.; 29 cm. TES/TKS/Rat/s/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Efek Komunikasi
video seni
Pemasaran Konten Digital
TES/TKS/Rat/s/2022
spellingShingle Efek Komunikasi
video seni
Pemasaran Konten Digital
TES/TKS/Rat/s/2022
Ratnasari, Dwinita
Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen
description Mindplace Studio merupakan rumah produksi yang bergerak dalam bidang pembuatan video seni. Mereka perupakan konten kreator di Youtube. Dalam pekerjaannya, mereka membuat video yang bertema pop culture dengan tema mayor game real life dimana video itu terlihat asli seperti ada pada game. Mindplace studio berjalan sudah 3 tahun ini namun sudah memiliki cukup banyak subscriber yaitu sebanyak 1.14 juta (dari data November 2021) . Dalam pembahasan ini mereka memiliki dua jenis konsumen yang pertama adalah penonton Youtube dan yang kedua adalah konsumen yang menghasilkan kerja sama, diantaranya media iklan, pembuatan kontrn video dan video grafis untuk perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap Lead Content Mindplace Studio, Marketing Mindplace Studio, Narasumber ahli dibidang multimedia, dan tiga konsumen yang telah bekerja sama dengan Mindplace Studio. Hasil dari penelitian ini adalah ; (1)Mindplace menjalankan Strategi Pemasaran Konten Digital sesuai dengan 8 kunci yang dijelaskan Kotler dengan hasil diantaranya keunggulan dalam strateginya yaitu dalam penggagasan konten, penciptaan konten, dan penguatan konten. Mindplace memilki kualitas dalam berkesenian membuat video. Hal ini diakui juga oleh konsumen Mindplace dalam perhatiannya (attention) saat kesan pertama melihat konten youtbe mereka. karakteristik video konten Youtube Mindplace sangat kuat. mereka memiliki tema pop culture yang sering diminati banyak konsumen dan dikombinasikan dengan kemampuan berkeseniannya dalam produksi video pada visual efek. 2)Efek komunikasi dari pemasaran konten digital Mindplace terhadap konsumen sesuai dengan teori AIDA dengan hasil pada pendistribusian konten, konsumen lebih memiliki ketertarikan pada hasil konten visual sehingga brand Mindplace terlihat. Pada jasa pembuatan video grafis, konsumen memiliki ketertarikan dari professional kerja dimana hal ini jarang diketahui jika tidak mengenal baik sosok Mindplace.
format Tugas Akhir
author Ratnasari, Dwinita
author_facet Ratnasari, Dwinita
author_sort Ratnasari, Dwinita
title Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen
title_short Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen
title_full Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen
title_fullStr Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen
title_full_unstemmed Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen
title_sort strategi pemasaran konten digital rumah produksi mindplace studio dalam menarik konsumen
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2022
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45869
_version_ 1741202295077470208