Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen
Mindplace Studio merupakan rumah produksi yang bergerak dalam bidang pembuatan video seni. Mereka perupakan konten kreator di Youtube. Dalam pekerjaannya, mereka membuat video yang bertema pop culture dengan tema mayor game real life dimana video itu terlihat asli seperti ada pada game. Mindplace st...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45869 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-45869 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-458692022-04-21T07:59:18Z Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen Ratnasari, Dwinita Efek Komunikasi video seni Pemasaran Konten Digital PPS ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45869 - TES/TKS/Rat/s/2022 Mindplace Studio merupakan rumah produksi yang bergerak dalam bidang pembuatan video seni. Mereka perupakan konten kreator di Youtube. Dalam pekerjaannya, mereka membuat video yang bertema pop culture dengan tema mayor game real life dimana video itu terlihat asli seperti ada pada game. Mindplace studio berjalan sudah 3 tahun ini namun sudah memiliki cukup banyak subscriber yaitu sebanyak 1.14 juta (dari data November 2021) . Dalam pembahasan ini mereka memiliki dua jenis konsumen yang pertama adalah penonton Youtube dan yang kedua adalah konsumen yang menghasilkan kerja sama, diantaranya media iklan, pembuatan kontrn video dan video grafis untuk perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap Lead Content Mindplace Studio, Marketing Mindplace Studio, Narasumber ahli dibidang multimedia, dan tiga konsumen yang telah bekerja sama dengan Mindplace Studio. Hasil dari penelitian ini adalah ; (1)Mindplace menjalankan Strategi Pemasaran Konten Digital sesuai dengan 8 kunci yang dijelaskan Kotler dengan hasil diantaranya keunggulan dalam strateginya yaitu dalam penggagasan konten, penciptaan konten, dan penguatan konten. Mindplace memilki kualitas dalam berkesenian membuat video. Hal ini diakui juga oleh konsumen Mindplace dalam perhatiannya (attention) saat kesan pertama melihat konten youtbe mereka. karakteristik video konten Youtube Mindplace sangat kuat. mereka memiliki tema pop culture yang sering diminati banyak konsumen dan dikombinasikan dengan kemampuan berkeseniannya dalam produksi video pada visual efek. 2)Efek komunikasi dari pemasaran konten digital Mindplace terhadap konsumen sesuai dengan teori AIDA dengan hasil pada pendistribusian konten, konsumen lebih memiliki ketertarikan pada hasil konten visual sehingga brand Mindplace terlihat. Pada jasa pembuatan video grafis, konsumen memiliki ketertarikan dari professional kerja dimana hal ini jarang diketahui jika tidak mengenal baik sosok Mindplace. Yogyakarta xiv, 134 hal.: ilus.; 29 cm. TES/TKS/Rat/s/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Efek Komunikasi video seni Pemasaran Konten Digital TES/TKS/Rat/s/2022 |
spellingShingle |
Efek Komunikasi video seni Pemasaran Konten Digital TES/TKS/Rat/s/2022 Ratnasari, Dwinita Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen |
description |
Mindplace Studio merupakan rumah produksi yang bergerak dalam bidang pembuatan video seni. Mereka perupakan konten kreator di Youtube. Dalam pekerjaannya, mereka membuat video yang bertema pop culture dengan tema mayor game real life dimana video itu terlihat asli seperti ada pada game. Mindplace studio berjalan sudah 3 tahun ini namun sudah memiliki cukup banyak subscriber yaitu sebanyak 1.14 juta (dari data November 2021) . Dalam pembahasan ini mereka memiliki dua jenis konsumen yang pertama adalah penonton Youtube dan yang kedua adalah konsumen yang menghasilkan kerja sama, diantaranya media iklan, pembuatan kontrn video dan video grafis untuk perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap Lead Content Mindplace Studio, Marketing Mindplace Studio, Narasumber ahli dibidang multimedia, dan tiga konsumen yang telah bekerja sama dengan Mindplace Studio. Hasil dari penelitian ini adalah ; (1)Mindplace menjalankan Strategi Pemasaran Konten Digital sesuai dengan 8 kunci yang dijelaskan Kotler dengan hasil diantaranya keunggulan dalam strateginya yaitu dalam penggagasan konten, penciptaan konten, dan penguatan konten. Mindplace memilki kualitas dalam berkesenian membuat video. Hal ini diakui juga oleh konsumen Mindplace dalam perhatiannya (attention) saat kesan pertama melihat konten youtbe mereka. karakteristik video konten Youtube Mindplace sangat kuat. mereka memiliki tema pop culture yang sering diminati banyak konsumen dan dikombinasikan dengan kemampuan berkeseniannya dalam produksi video pada visual efek. 2)Efek komunikasi dari pemasaran konten digital Mindplace terhadap konsumen sesuai dengan teori AIDA dengan hasil pada pendistribusian konten, konsumen lebih memiliki ketertarikan pada hasil konten visual sehingga brand Mindplace terlihat. Pada jasa pembuatan video grafis, konsumen memiliki ketertarikan dari professional kerja dimana hal ini jarang diketahui jika tidak mengenal baik sosok Mindplace. |
format |
Tugas Akhir |
author |
Ratnasari, Dwinita |
author_facet |
Ratnasari, Dwinita |
author_sort |
Ratnasari, Dwinita |
title |
Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen |
title_short |
Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen |
title_full |
Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen |
title_fullStr |
Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen |
title_full_unstemmed |
Strategi Pemasaran Konten Digital Rumah Produksi Mindplace Studio Dalam Menarik Konsumen |
title_sort |
strategi pemasaran konten digital rumah produksi mindplace studio dalam menarik konsumen |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45869 |
_version_ |
1741202295077470208 |