Metode Pembelajaran Tari Gendro Berbasis Karakter Gerak di Sanggar Budaya Nusantara Kediri Jawa Timur

Metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Tidak berbeda dengan pembelajaran seni tari, pelatih juga mempunyai cara untuk mengajarkan ragam gerak tari yang dipelajari. Dengan adanya karakter gerak, menjadikan siswa harus mendalami materi tersebut d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FEBRIANA, Eka
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45948
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Tidak berbeda dengan pembelajaran seni tari, pelatih juga mempunyai cara untuk mengajarkan ragam gerak tari yang dipelajari. Dengan adanya karakter gerak, menjadikan siswa harus mendalami materi tersebut dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Tari Gendro berbasis karakter gerak di Sanggar Budaya Nusantara Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Tari Gendro berbasis karakter gerak. Fokus pembahasan pada penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam menyampaikan materi gerak laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam materi gerak laki-laki dan perempuan yaitu pada penekanan gerak dari segi tenaga dan volume. Beberapa tahapan yang digunakan pelatih dalam pembelajaran Tari Gendro ialah melalui tahap pengetahuan dengan menggunakan metode ceramah, kemudian tahap pengamatan, pemberian gerakan dasar, dan materi ragam gerak menggunakan metode domonstrasi dan imitasi. Pada tahap evaluasi menggunakan metode tanya jawab. Kata Kunci: metode, pembelajaran, sanggar, Gendro.