Metode Pembelajaran Di Kalanari Theatre Movement Studi Kasus Pertunjukan Teater Situs Spesifik

Latar belakang diadakannya penelitian ini belum dideskripsikannya metode pembelajaran di pertunjukan teater situs spesifik di Kalanari Theatre Movement. Teater Situs Spesifik adalah pertunjukan teater yang dipentaskan pada tempat-tempat yang bukan diperuntukkan sebagai tempat pertunjukan teater sepe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SINAGA, Yogi Pratama
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45959
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-45959
record_format oai_dc
spelling isilib-459592022-05-17T14:07:57Z Metode Pembelajaran Di Kalanari Theatre Movement Studi Kasus Pertunjukan Teater Situs Spesifik SINAGA, Yogi Pratama Kalanari Theatre Movement Teater Situs Spesifik Metode Pembelajaran pendidikan seni pertunjukan FSP ISI Yogyakarta 2021 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45959 PSP/Sin/m/2021 Latar belakang diadakannya penelitian ini belum dideskripsikannya metode pembelajaran di pertunjukan teater situs spesifik di Kalanari Theatre Movement. Teater Situs Spesifik adalah pertunjukan teater yang dipentaskan pada tempat-tempat yang bukan diperuntukkan sebagai tempat pertunjukan teater seperti hutan, sawah, jalanan, gedung tua dan tempat lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikannya metode pembelajaran yang diterapkan dalam pertunjukan teater situs spesifik yang ada di Kalanari Theatre Movement. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Menggunakan data kualitatif atau berbentuk narasi. Subjek dalam penelitian ini adalah sutradara dan aktor, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi, sedangkan analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh gambaran metode pembelajaran yang ada di Kalanari Theatre Movement. Hasilnya bahwa pembelajaran teater di Kalanari menggunakan lima metode yakni metode ceramah, diskusi, resitasi, drill, dan role playing. Terkhusunya pada pertunjukan teater situs spesifik yang menjadi salah satu pertunjukan yang dipentaskan oleh Kalanari Theatre Movement. Sehingga menghasilkan pertunjukan yang menarik dan para pemain dapat memerankan setiap karakter dengan baik. Yogyakarta xii, 74 hal. : ilus. ; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Kalanari Theatre Movement
Teater Situs Spesifik
Metode Pembelajaran
pendidikan seni pertunjukan
NONE
spellingShingle Kalanari Theatre Movement
Teater Situs Spesifik
Metode Pembelajaran
pendidikan seni pertunjukan
NONE
SINAGA, Yogi Pratama
Metode Pembelajaran Di Kalanari Theatre Movement Studi Kasus Pertunjukan Teater Situs Spesifik
description Latar belakang diadakannya penelitian ini belum dideskripsikannya metode pembelajaran di pertunjukan teater situs spesifik di Kalanari Theatre Movement. Teater Situs Spesifik adalah pertunjukan teater yang dipentaskan pada tempat-tempat yang bukan diperuntukkan sebagai tempat pertunjukan teater seperti hutan, sawah, jalanan, gedung tua dan tempat lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikannya metode pembelajaran yang diterapkan dalam pertunjukan teater situs spesifik yang ada di Kalanari Theatre Movement. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Menggunakan data kualitatif atau berbentuk narasi. Subjek dalam penelitian ini adalah sutradara dan aktor, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumentasi. Data divalidasi menggunakan teknik triangulasi, sedangkan analisisnya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh gambaran metode pembelajaran yang ada di Kalanari Theatre Movement. Hasilnya bahwa pembelajaran teater di Kalanari menggunakan lima metode yakni metode ceramah, diskusi, resitasi, drill, dan role playing. Terkhusunya pada pertunjukan teater situs spesifik yang menjadi salah satu pertunjukan yang dipentaskan oleh Kalanari Theatre Movement. Sehingga menghasilkan pertunjukan yang menarik dan para pemain dapat memerankan setiap karakter dengan baik.
format Tugas Akhir
author SINAGA, Yogi Pratama
author_facet SINAGA, Yogi Pratama
author_sort SINAGA, Yogi Pratama
title Metode Pembelajaran Di Kalanari Theatre Movement Studi Kasus Pertunjukan Teater Situs Spesifik
title_short Metode Pembelajaran Di Kalanari Theatre Movement Studi Kasus Pertunjukan Teater Situs Spesifik
title_full Metode Pembelajaran Di Kalanari Theatre Movement Studi Kasus Pertunjukan Teater Situs Spesifik
title_fullStr Metode Pembelajaran Di Kalanari Theatre Movement Studi Kasus Pertunjukan Teater Situs Spesifik
title_full_unstemmed Metode Pembelajaran Di Kalanari Theatre Movement Studi Kasus Pertunjukan Teater Situs Spesifik
title_sort metode pembelajaran di kalanari theatre movement studi kasus pertunjukan teater situs spesifik
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2021
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45959
_version_ 1741202311087128576