Vokalisasi Sebagai Upaya Meningkatkan Artikulasi Bernyanyi Bagi Siswa Kelas XI di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif bertujuan untuk mengetahui proses penerapan vokalisasi guna meningkatkan artikulasi bernyanyi siswa. Pengambilan sampel ini berfokus pada lima (5) orang siswa vokal kelas XI di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Data penelitian di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NINGRUM, Lintang Chiara Jalu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=45992
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif bertujuan untuk mengetahui proses penerapan vokalisasi guna meningkatkan artikulasi bernyanyi siswa. Pengambilan sampel ini berfokus pada lima (5) orang siswa vokal kelas XI di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan selama proses penerapan vokalisasi berlangsung. Proses penerapan vokalisasi sebagai upaya meningkatkan artikulasi bernyanyi siswa menggunakan step sebagai berikut: pengantar vokalisasi untuk meningkatkan artikulasi, pembentukan huruf vokal, pembentukan huruf konsonan, sikap tubuh, pelatihan pita suara, pelatihan bibir, pelatihan rahang bawah, pelatihan lidah, pelatihan pernapasan, pelatihan intonasi dan pelatihan resonansi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penerapan vokalisasi sebagai upaya meningkatkan artikulasi bernyanyi siswa dapat membantu pemahaman materi, keterampilan, dan peningkatan minat belajar siswa terhadap vokalisasi untuk pembentukan artikulasi pada siswa vokal kelas XI di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul.