Gerak Skeletal Animation Sebagai Wahana Perwujudan Akting Karakter Animasi “Lancang Kuning”.

Ketidakseimbangan distribusi informasi sejarah di Kepulauan Riau menjadi tantangan dalam menceritakan kembali isi cerita rakyat Lancang Kuning terkait dengan banyaknya masyarakat yang menuturkan cerita menurut persepsinya masing-masing. Cara yang tidak bisa dilakukan oleh aktivitas sastra lisan, tul...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHMI, Anis
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46014
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-46014
record_format oai_dc
spelling isilib-460142022-05-28T16:08:32Z Gerak Skeletal Animation Sebagai Wahana Perwujudan Akting Karakter Animasi “Lancang Kuning”. RAHMI, Anis Lancang Kuning akting gerak skeletal animation Program Pascasarjana ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46014 TES/VG/Rah/g/2022 Ketidakseimbangan distribusi informasi sejarah di Kepulauan Riau menjadi tantangan dalam menceritakan kembali isi cerita rakyat Lancang Kuning terkait dengan banyaknya masyarakat yang menuturkan cerita menurut persepsinya masing-masing. Cara yang tidak bisa dilakukan oleh aktivitas sastra lisan, tulisan maupun aksi langsung dijembatani melalui media animasi namun memiliki kelemahan ketika menggerakkan gambar pose tokoh secara manual dengan memindahkan bentuk potongan gambar pada lembaran seluloid transparan sehingga membutuhkan banyak perencanaan, waktu,serta jumlah gambar yang banyak ketika membuat ilusi gambar yang terlihat bergerak, dikembangkan teknik skeletal animation yang mengadaptasi gerak potongan gambar�gambar bagian tubuh tokoh secara terstruktur guna memecahkan kompleksitas transformasi gambar karena beban kebutuhan memori komputer yang menyimpan banyak gambar dan meminimalisir waktu produksi gerak animasi. Tokoh animasi Lancang Kuning akan digerakkan dengan bantuan kode program pada komputer dengan fungsi tertentu untuk menjalankan fitur tambahan pada program tulang digital (plugin) Duik Bassel. Proses pembuatan kerangka tulang pada bagian-bagian tubuh tokoh agar bisa bergerak (rigging) menggunakan Duik Bassel sudah di terapkan pada 5 tokoh utama Lancang Kuning. Kelima tokoh tersebut bergerak menerapkan 12 prinsip animasi guna mengetahui karakteristik dan kelayakan terkait momentum dalam menghidupkan gerak akting tokoh. Uji kelayakan gerak menggunakan metode Riset berbasis Seni (Arts based Research) dengan pendekatan kualitatif yaitu mendistribusikan karya cipta kepada narasumber ahli dan penonton guna mengetahui kelayakan gerak akting tokoh. Gerak skeletal animation dapat menerapkan 10 dari 12 prinsip animasi yaitu prinsip arcs, anticipation, straight ahead action and pose-to�pose, follow through and overlapping action, staging, solid drawing, appeal, secondary action, timing, serta slow in and slow out. Ketidakberhasilan terdapat pada prinsip exaggeration dan squash and stretch yang belum dapat diterapkan pada gerak tokoh skeletal animation karena perlu eksplorasi lanjutan dan tambahan gambar secara manual. Yogyakarta xi, 139 hlm.: ill.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Lancang Kuning
akting
gerak
skeletal animation
NONE
spellingShingle Lancang Kuning
akting
gerak
skeletal animation
NONE
RAHMI, Anis
Gerak Skeletal Animation Sebagai Wahana Perwujudan Akting Karakter Animasi “Lancang Kuning”.
description Ketidakseimbangan distribusi informasi sejarah di Kepulauan Riau menjadi tantangan dalam menceritakan kembali isi cerita rakyat Lancang Kuning terkait dengan banyaknya masyarakat yang menuturkan cerita menurut persepsinya masing-masing. Cara yang tidak bisa dilakukan oleh aktivitas sastra lisan, tulisan maupun aksi langsung dijembatani melalui media animasi namun memiliki kelemahan ketika menggerakkan gambar pose tokoh secara manual dengan memindahkan bentuk potongan gambar pada lembaran seluloid transparan sehingga membutuhkan banyak perencanaan, waktu,serta jumlah gambar yang banyak ketika membuat ilusi gambar yang terlihat bergerak, dikembangkan teknik skeletal animation yang mengadaptasi gerak potongan gambar�gambar bagian tubuh tokoh secara terstruktur guna memecahkan kompleksitas transformasi gambar karena beban kebutuhan memori komputer yang menyimpan banyak gambar dan meminimalisir waktu produksi gerak animasi. Tokoh animasi Lancang Kuning akan digerakkan dengan bantuan kode program pada komputer dengan fungsi tertentu untuk menjalankan fitur tambahan pada program tulang digital (plugin) Duik Bassel. Proses pembuatan kerangka tulang pada bagian-bagian tubuh tokoh agar bisa bergerak (rigging) menggunakan Duik Bassel sudah di terapkan pada 5 tokoh utama Lancang Kuning. Kelima tokoh tersebut bergerak menerapkan 12 prinsip animasi guna mengetahui karakteristik dan kelayakan terkait momentum dalam menghidupkan gerak akting tokoh. Uji kelayakan gerak menggunakan metode Riset berbasis Seni (Arts based Research) dengan pendekatan kualitatif yaitu mendistribusikan karya cipta kepada narasumber ahli dan penonton guna mengetahui kelayakan gerak akting tokoh. Gerak skeletal animation dapat menerapkan 10 dari 12 prinsip animasi yaitu prinsip arcs, anticipation, straight ahead action and pose-to�pose, follow through and overlapping action, staging, solid drawing, appeal, secondary action, timing, serta slow in and slow out. Ketidakberhasilan terdapat pada prinsip exaggeration dan squash and stretch yang belum dapat diterapkan pada gerak tokoh skeletal animation karena perlu eksplorasi lanjutan dan tambahan gambar secara manual.
format Tugas Akhir
author RAHMI, Anis
author_facet RAHMI, Anis
author_sort RAHMI, Anis
title Gerak Skeletal Animation Sebagai Wahana Perwujudan Akting Karakter Animasi “Lancang Kuning”.
title_short Gerak Skeletal Animation Sebagai Wahana Perwujudan Akting Karakter Animasi “Lancang Kuning”.
title_full Gerak Skeletal Animation Sebagai Wahana Perwujudan Akting Karakter Animasi “Lancang Kuning”.
title_fullStr Gerak Skeletal Animation Sebagai Wahana Perwujudan Akting Karakter Animasi “Lancang Kuning”.
title_full_unstemmed Gerak Skeletal Animation Sebagai Wahana Perwujudan Akting Karakter Animasi “Lancang Kuning”.
title_sort gerak skeletal animation sebagai wahana perwujudan akting karakter animasi “lancang kuning”.
publisher Program Pascasarjana ISI Yogyakarta
publishDate 2022
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46014
_version_ 1741202320898654208