Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta
Penelitian tesis berjudul “Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta” yaitu sebuah perumusan rencana strategis pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif pada subsektor kriya dengan objek penelitian jumputan agar dapat berperan lebih opti...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
PPS ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46017 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-46017 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-460172022-05-28T17:08:05Z Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta LESTARI, ika dian Kampung Wisata Kriya Jumputan UMKM Berbasis Ekraf Strategi Pengembangan PPS ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46017 TES/MTS/Les/s/2022 Penelitian tesis berjudul “Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta” yaitu sebuah perumusan rencana strategis pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif pada subsektor kriya dengan objek penelitian jumputan agar dapat berperan lebih optimal bagi para pelaku UMKM jumputan atau masyarakat sekitar kampung wisata Tahunan Yogyakarta. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: mengindentifikasi cikal bakal proses perintisan dan dinamika pengembangan kriya jumputan di kampung wisata Tahunan, mengindentifikasi kendala pada faktor internal dan eksternal dalam mengembangkan desain, produksi dan pemasaran kriya jumputan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu etnografi, dimana peneliti tidak hanya melakukan interview dengan beberapa informan tetapi juga observasi serta berpartisipasi dalam melakukan serangkaian aktivitas produksi UMKM Sanggar Jumputan Maharani seperti mengamati, membantu jika diperlukan saat proses produksi berjalan, ikut serta mempelajari proses pembuatan jumputan. Dari banyaknya informasi yang didapat, penulis menemukan berbagai kondisi pada faktor internal dan eksternal, selain itu penulis mencoba merumuskan rantai nilai ekraf Sanggar Jumputan Maharani yang digunakan sebagai jembatan untuk menganalisa strategi pengembangan UMKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Sanggar Jumputan Maharani di kampung wisata Tahunan memiliki keunggulan dari UMKM lain di kampung wisata Tahunan. Seperti unggul dalam hal desain, kuantitas produk serta banyaknya pameran yang pernah diikuti. Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian stakeholder UMKM Sanggar Jumputan Maharani yakni: menambah koleksi desain motif sesuai dengan supply and demand serta mendaftarkan seluruh desain sebagai ciri khas Sanggar Jumputan Maharani pada HAKI, meningkatkan jumlah SDM yang kompeten dan meningkatkan produksi jumputan menggunakan metode yang menunjang seperti Lean dan Kaizen, memanfaat semua platform atau ditigal market place di era digital ini. Yogyakarta ix, 165 hlm.: il.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Kampung Wisata Kriya Jumputan UMKM Berbasis Ekraf Strategi Pengembangan NONE |
spellingShingle |
Kampung Wisata Kriya Jumputan UMKM Berbasis Ekraf Strategi Pengembangan NONE LESTARI, ika dian Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta |
description |
Penelitian tesis berjudul “Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta” yaitu sebuah perumusan rencana strategis pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif pada subsektor kriya dengan objek penelitian jumputan agar dapat berperan lebih optimal bagi para pelaku UMKM jumputan atau masyarakat sekitar kampung wisata Tahunan Yogyakarta. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: mengindentifikasi cikal bakal proses perintisan dan dinamika pengembangan kriya jumputan di kampung wisata Tahunan, mengindentifikasi kendala pada faktor internal dan eksternal dalam mengembangkan desain, produksi dan pemasaran kriya jumputan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu etnografi, dimana peneliti tidak hanya melakukan interview dengan beberapa informan tetapi juga observasi serta berpartisipasi dalam melakukan serangkaian aktivitas produksi UMKM Sanggar Jumputan Maharani seperti mengamati, membantu jika diperlukan saat proses produksi berjalan, ikut serta mempelajari proses pembuatan jumputan. Dari banyaknya informasi yang didapat, penulis menemukan berbagai kondisi pada faktor internal dan eksternal, selain itu penulis mencoba merumuskan rantai nilai ekraf Sanggar Jumputan Maharani yang digunakan sebagai jembatan untuk menganalisa strategi pengembangan UMKM tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Sanggar Jumputan Maharani di kampung wisata Tahunan memiliki keunggulan dari UMKM lain di kampung wisata Tahunan. Seperti unggul dalam hal desain, kuantitas produk serta banyaknya pameran yang pernah diikuti. Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian stakeholder UMKM Sanggar Jumputan Maharani yakni: menambah koleksi desain motif sesuai dengan supply and demand serta mendaftarkan seluruh desain sebagai ciri khas Sanggar Jumputan Maharani pada HAKI, meningkatkan jumlah SDM yang kompeten dan meningkatkan produksi jumputan menggunakan metode yang menunjang seperti Lean dan Kaizen, memanfaat semua platform atau ditigal market place di era digital ini. |
format |
Tugas Akhir |
author |
LESTARI, ika dian |
author_facet |
LESTARI, ika dian |
author_sort |
LESTARI, ika dian |
title |
Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta |
title_short |
Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta |
title_full |
Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta |
title_fullStr |
Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Strategi Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Kriya Jumputan Di Kampung Wisata Tahunan Yogyakarta |
title_sort |
strategi pengembangan umkm berbasis ekonomi kreatif kriya jumputan di kampung wisata tahunan yogyakarta |
publisher |
PPS ISI Yogyakarta |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46017 |
_version_ |
1741202321434476544 |