Penerapan Teknik Linear Drumming Pada Lagu The Age Karya Anika Nilles
Linear drumming merupakan salah satu teknik dalam permainan drum, yang di mana konsep dasar dari teknik tersebut adalah tidak ada satu pukulan yang jatuh bersamaan, melainkan tiap pukulan jatuh secara bergantian. Penulis tertarik melakukan penelitian ini karena teknik linear drumming sangat berguna...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46057 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Linear drumming merupakan salah satu teknik dalam permainan drum, yang di mana konsep dasar dari teknik tersebut adalah tidak ada satu pukulan yang jatuh bersamaan, melainkan tiap pukulan jatuh secara bergantian. Penulis tertarik melakukan penelitian ini karena teknik linear drumming sangat berguna untuk membantu meningkatkan kreativitas seorang drummer dalam bermusik. Dengan tujuan yang berdampak positif mengenai penguasaan teknik linear drumming, penerapan teknik tersebut pada lagu The Age karya Anika nilles dapat dijadikan sebuah referensi untuk mengembangkan kreativitas dalam memainkan drum set. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk lagu dan pola ritme yang ada pada lagu The Age karya Anika Nilles dengan cara melakukan analisis dan mentranskrip keseluruhan lagu tersebut. Dari hasil yang ditemukan bentuk lagu The Age karya Anika Nilles adalah A-B-A’-A”-B’-A‟’, dan terdapat 5 pola ritme yang berbeda pada lagu tersebut. Kemudian cara yang dilakukan untuk menerapkan dan mengembangkan variasi teknik linear drumming adalah dengan melatih dan mengembangkannya dengan beberapa pola style drumming, dan juga melatih koordinasi antara kaki dan tangan mulai dari tempo lambat sampai dengan tempo cepat. Penulis menerapkan teknik linear drumming dalam subdivisi not 1/16 dengan variasi triplet 1/8 dan 1/16. |
---|