Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran Tari Sigeh Penguten Pada Kegiatan Ekstrakurikuler SMP Negeri 19 Pesawaran Lampung

Pembelajaran tari Sigeh Penguten berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh sesama siswa terkait dengan teori belajar behavioristik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teori behavioristik dalam proses pembelajaran tari Sigeh Penguten pada kegiatan ekstrakurikuler SMP Negeri 19 P...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANISA, Titania Nurul
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46058
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pembelajaran tari Sigeh Penguten berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh sesama siswa terkait dengan teori belajar behavioristik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teori behavioristik dalam proses pembelajaran tari Sigeh Penguten pada kegiatan ekstrakurikuler SMP Negeri 19 Pesawaran Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan objek penelitian proses pembelajaran tari Sigeh Penguten. Pengumpulan data didapatkan dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Data divalidasi kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diajarkan oleh siswa yang merupakan kakak kelas dari peserta ekstrakurikuler. Pembelajaran dilakukan berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari pelatih sebelumnya dengan metode imitasi. Proses pembelajaran menggunakan teori behavioristik cukup berhasil, siswa dapat menarikan tari Sigeh Penguten dengan baik, meskipun masih terdapat sikap dalam menari yang kurang tepat karena tidak dilatih oleh pelatih yang kompeten dalam bidangnya pada proses pembelajaran tari Sigeh Penguten