The Use and Abuse of Art

Buku ini merupakan sebuah esai berkaitan bidang seni dengan judul Penggunaan dan Penyalahgunaan Seni. Ketika seorang yang sangat intelektual, sangat berpengalaman, sangat bijaksana berbagi pemikirannya dengan orang lain, hasilnya menangkap imajinasi sekaligus. Begitulah efek dari esai ini, esai ini...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BARZUN, Jacques
Format: Buku Teks
Language:English
Published: Princeton University Press 1974
Subjects:
700
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46078
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Buku ini merupakan sebuah esai berkaitan bidang seni dengan judul Penggunaan dan Penyalahgunaan Seni. Ketika seorang yang sangat intelektual, sangat berpengalaman, sangat bijaksana berbagi pemikirannya dengan orang lain, hasilnya menangkap imajinasi sekaligus. Begitulah efek dari esai ini, esai ini merupakan materi seri yang diberikan sebagai mata kuliah di Galeri Nasional pada tahun 1973. Profesor Barzun mengkaji seni sebagai agama, sebagai perusak, sebagai penebus, dan dalam kaitannya dengan apa yang disebutnya sebagai 'pencobanya, sains', tetapi tidak pernah melupakan esensi dasarnya. Seperti yang ia katakan, 'kata terakhir tentang seni memang seharusnya: misteri. Tapi itu tidak perlu menghentikan siapa pun dari kita untuk menghadapinya seolah-olah kita memahami lebih dari yang kita bisa.' Dan betapa baiknya memiliki pikiran yang terbentang pada pemahaman tentang 'lebih banyak' itu.""- Virginia Quarterly Review "Sebagai mahasiswa sejarah budaya, mahasiswa seni harus berurusan dengan seni terutama sebagai kekuatan tunggal dalam kehidupan modern." Dengan kata-kata ini Jacques Barzun mengatur jalannya Kuliah A.W. Mellon dalam Seni Rupa. Ia menjelaskan, bukan tujuannya untuk melemahkan seni, melainkan untuk menantang konsepsi dan kesalahpahaman yang selama ini berkembang antar pemerhati seni "untuk mencapai kesimpulan tentang nilai dan kekurangannya bagi kehidupan saat ini." Profesor Barzun mengemukakan temanya dalam enam wacana terpelajar, provokatif, dan jenaka yang menelusuri perkembangan teori sikap kita terhadap seni selama 150 tahun terakhir. Jacques Barzun adalah seorang Profesor Sejarah.