Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Demonstrasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Seni Musik Kelas Ix-D di Smp Negeri 1 Arut Selatan

Strategi pembelajaran dibentuk agar proses belajar mengajar lebih terorganisasi dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan strategi Discovery Learning dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran tatap muka seni musik, khususnya kelas IX-D di SMPN 1 Arut Selat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DEWINTA
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46090
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Strategi pembelajaran dibentuk agar proses belajar mengajar lebih terorganisasi dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan strategi Discovery Learning dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran tatap muka seni musik, khususnya kelas IX-D di SMPN 1 Arut Selatan. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti mengumpulkan dan menganalisa data terkait proses pembelajaran seni musik dengan strategi Discovery Learning. Hasil yang didapat yaitu adanya kesesuaian antara strategi Discovery Learning yang diterapkan pada pembelajaran seni musik kelas IX-D SMPN 1 Arut Selatan dengan kaidah dan teori pembelajaran Discovery Learning dari beberapa ahli. Kesesuaian tersebut terlihat dari beberapa aspek, seperti prinsip pembelajaran, peran guru, peran siswa, serta langkah operasional pelaksanaan strategi Discovery Learning. Peneliti juga menemukan adanya kolaborasi yang baik mengenai penggunaan Strategi Pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi dalam pembelajaran seni musik di kelas IX-D SMPN 1 Arut Selatan