Penerapan Strategi Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Demonstrasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Seni Musik Kelas Ix-D di Smp Negeri 1 Arut Selatan
Strategi pembelajaran dibentuk agar proses belajar mengajar lebih terorganisasi dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan strategi Discovery Learning dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran tatap muka seni musik, khususnya kelas IX-D di SMPN 1 Arut Selat...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46090 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Strategi pembelajaran dibentuk agar proses belajar mengajar lebih terorganisasi dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan strategi Discovery Learning dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran tatap muka seni musik, khususnya kelas IX-D di SMPN 1 Arut Selatan. Dengan menggunakan metode kualitatif, peneliti mengumpulkan dan menganalisa data terkait proses pembelajaran seni musik dengan strategi Discovery Learning. Hasil yang didapat yaitu adanya kesesuaian antara strategi Discovery Learning yang diterapkan pada pembelajaran seni musik kelas IX-D SMPN 1 Arut Selatan dengan kaidah dan teori pembelajaran Discovery Learning dari beberapa ahli. Kesesuaian tersebut terlihat dari beberapa aspek, seperti prinsip pembelajaran, peran guru, peran siswa, serta langkah operasional pelaksanaan strategi Discovery Learning. Peneliti juga menemukan adanya kolaborasi yang baik mengenai penggunaan Strategi Pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi dalam pembelajaran seni musik di kelas IX-D SMPN 1 Arut Selatan |
---|