Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle
Faiz Motorcycle merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) satu dari sekian banyak usaha di bidang otomotif yaitu sepeda mesin yang berdiri di Pandak, Bantul, Yogyakarta.. Faiz Motorcycle didirikan oleh Moch Wachid pada tahun 2000 dengan mengangkat konsep klasik futuristik. Nama sebelumnya yaitu Fa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46122 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-46122 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-461222022-06-15T11:33:59Z Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle PRASTYA, Janu Dwi Faiz Motorcycle Brand Identity Logo FSR ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46122 DK/Pra/p/2022 Faiz Motorcycle merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) satu dari sekian banyak usaha di bidang otomotif yaitu sepeda mesin yang berdiri di Pandak, Bantul, Yogyakarta.. Faiz Motorcycle didirikan oleh Moch Wachid pada tahun 2000 dengan mengangkat konsep klasik futuristik. Nama sebelumnya yaitu Fanderle Faiz Wonder Cycle dan berubah nama menjadi Faiz Motorcycle pada tahun 2016 tanpa adanya identitas baru. Berawal mulai dengan ketidaksengajaan hingga produksi 300 unit sepeda mesin untuk di ekspor ke Australia. Namun mengingat berjalannya waktu nama yang besar memiliki resiko yang besar, Nama Fanderle Faiz Wonder Cycle disalahgunakan tanpa sepengetahuan Moch Wachid demi keuntungan pribadi. Ditambah badai Covid 19 membuat omzet bisninya mengalami penurunan. Bisnis sempat mangkrak dan visual identity yang terbengkalai membuat target konsumen perlahan menghilang. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh Faiz Motorcycle tersebut, maka perancangan brand identity yang baru sangat diperlukan sebagai sarana promosi produk kepada target market yang tepat. Dengan melakukan metode perancangan berupa pengumpulan data primer maupun sekunder dan metode analisis SWOT, maka di temukan beberapa unsur yang dapat membangun kembali UMKM Faiz Motorcycle. Konsep baru inilah yang nantinya akan dirancang menjadi beberapa media seperti logo, desain web, hingga stationary kit guna meningkatkan citra perusahaan dalam menarik kembali target audien. Faiz Motorcycle memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang dan menjadi produk yang cukup dikenal kembali, baik secara lokal maupun nasional. Hasil rancangan menunjukan hal positif bagi pemilik maupun target audein, dengan ini UMKM Faiz Motorcycle dapat lebih berkembang dengan identitas baru yang lebih fresh Yogyakarta xiii+88 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Faiz Motorcycle Brand Identity Logo NONE |
spellingShingle |
Faiz Motorcycle Brand Identity Logo NONE PRASTYA, Janu Dwi Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle |
description |
Faiz Motorcycle merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) satu dari sekian banyak usaha di bidang otomotif yaitu sepeda mesin yang berdiri di Pandak, Bantul, Yogyakarta.. Faiz Motorcycle didirikan oleh Moch Wachid pada tahun 2000 dengan mengangkat konsep klasik futuristik. Nama sebelumnya yaitu Fanderle Faiz Wonder Cycle dan berubah nama menjadi Faiz Motorcycle pada tahun 2016 tanpa adanya identitas baru. Berawal mulai dengan ketidaksengajaan hingga produksi 300 unit sepeda mesin untuk di ekspor ke Australia. Namun mengingat berjalannya waktu nama yang besar memiliki resiko yang besar, Nama Fanderle Faiz Wonder Cycle disalahgunakan tanpa sepengetahuan Moch Wachid demi keuntungan pribadi. Ditambah badai Covid 19 membuat omzet bisninya mengalami penurunan. Bisnis sempat mangkrak dan visual identity yang terbengkalai membuat target konsumen perlahan menghilang. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh Faiz Motorcycle tersebut, maka perancangan brand identity yang baru sangat diperlukan sebagai sarana promosi produk kepada target market yang tepat. Dengan melakukan metode perancangan berupa pengumpulan data primer maupun sekunder dan metode analisis SWOT, maka di temukan beberapa unsur yang dapat membangun kembali UMKM Faiz Motorcycle. Konsep baru inilah yang nantinya akan dirancang menjadi beberapa media seperti logo, desain web, hingga stationary kit guna meningkatkan citra perusahaan dalam menarik kembali target audien. Faiz Motorcycle memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang dan menjadi produk yang cukup dikenal kembali, baik secara lokal maupun nasional. Hasil rancangan menunjukan hal positif bagi pemilik maupun target audein, dengan ini UMKM Faiz Motorcycle dapat lebih berkembang dengan identitas baru yang lebih fresh |
format |
Tugas Akhir |
author |
PRASTYA, Janu Dwi |
author_facet |
PRASTYA, Janu Dwi |
author_sort |
PRASTYA, Janu Dwi |
title |
Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle |
title_short |
Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle |
title_full |
Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle |
title_fullStr |
Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle |
title_full_unstemmed |
Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle |
title_sort |
perancangan brand identity faiz motorcycle |
publisher |
FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46122 |
_version_ |
1741202340372807680 |