Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan
Kasatriyan merupakan konsep keprajuritan yang ditanamkan Pangeran Mangkubumi. Konsep Kasatriyan terukir pada salah satu gamelan peninggalan Pangeran Mangkubumi yaitu K.K. Guntur Sari. Seni ukir pada gamelan tersebut merupakan salah satu seni ukir tertua yang berada di Kraton Yogyakarta. Karakter vis...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46131 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-46131 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-461312022-06-16T13:36:50Z Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan DARMAWAN, Oka K.K. Guntur Sari Kasatriyan adaptasi FSR ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46131 DK/Dar/p/2022 Kasatriyan merupakan konsep keprajuritan yang ditanamkan Pangeran Mangkubumi. Konsep Kasatriyan terukir pada salah satu gamelan peninggalan Pangeran Mangkubumi yaitu K.K. Guntur Sari. Seni ukir pada gamelan tersebut merupakan salah satu seni ukir tertua yang berada di Kraton Yogyakarta. Karakter visual pada seni ukir gamelan K.K. Guntur Sari menjadi potensi sebagai sumber ide perancangan typeface ini. Selain untuk melestarikan kebudayaan, perancangan typeface ini bertujuan untuk memperkaya khazanah dunia tipografi di Indonesia. Metode yang digunakan pada perancangan ini yakni metode penelitian kualitatif. Cara pengumpulan data yakni melalui studi literatur, buku, observasi, serta wawancara dengan pihak terkait dari Kraton Yogyakarta bagian kesenian yang paham dengan objek penelitian. Proses visualisasi karya yaitu dengan cara adaptasi. Proses ini dilakukan dengan cara memilih motif pokok yang mampu mewakili ciri khas dari objek penelitian yang kemudian disederhanakan. Setelah disederhanakan motif yang diperoleh kemudian diintegrasikan ke dalam masing-masing karakter huruf dengan tetap mengacu pada kaidah ilmu tipografi. Typeface yang dihasilkan masuk ke dalam kategori huruf display dengan gaya victorian. Typeface ini memiliki kesan yang rumit namun elegan, disetiap huruf uppercase selalu menampilkan ciri khas utama dari motif seni ukir pada gamelan K.K. Guntur Sari yakni motif manuk beri. Output pada perancangan ini berupa satu set font digital dengan format ‘.otf’ dan ‘.ttf’ Yogyakarta xiv+112 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
K.K. Guntur Sari Kasatriyan adaptasi NONE |
spellingShingle |
K.K. Guntur Sari Kasatriyan adaptasi NONE DARMAWAN, Oka Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan |
description |
Kasatriyan merupakan konsep keprajuritan yang ditanamkan Pangeran Mangkubumi. Konsep Kasatriyan terukir pada salah satu gamelan peninggalan Pangeran Mangkubumi yaitu K.K. Guntur Sari. Seni ukir pada gamelan tersebut merupakan salah satu seni ukir tertua yang berada di Kraton Yogyakarta. Karakter visual pada seni ukir gamelan K.K. Guntur Sari menjadi potensi sebagai sumber ide perancangan typeface ini. Selain untuk melestarikan kebudayaan, perancangan typeface ini bertujuan untuk memperkaya khazanah dunia tipografi di Indonesia. Metode yang digunakan pada perancangan ini yakni metode penelitian kualitatif. Cara pengumpulan data yakni melalui studi literatur, buku, observasi, serta wawancara dengan pihak terkait dari Kraton Yogyakarta bagian kesenian yang paham dengan objek penelitian. Proses visualisasi karya yaitu dengan cara adaptasi. Proses ini dilakukan dengan cara memilih motif pokok yang mampu mewakili ciri khas dari objek penelitian yang kemudian disederhanakan. Setelah disederhanakan motif yang diperoleh kemudian diintegrasikan ke dalam masing-masing karakter huruf dengan tetap mengacu pada kaidah ilmu tipografi. Typeface yang dihasilkan masuk ke dalam kategori huruf display dengan gaya victorian. Typeface ini memiliki kesan yang rumit namun elegan, disetiap huruf uppercase selalu menampilkan ciri khas utama dari motif seni ukir pada gamelan K.K. Guntur Sari yakni motif manuk beri. Output pada perancangan ini berupa satu set font digital dengan format ‘.otf’ dan ‘.ttf’ |
format |
Tugas Akhir |
author |
DARMAWAN, Oka |
author_facet |
DARMAWAN, Oka |
author_sort |
DARMAWAN, Oka |
title |
Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan |
title_short |
Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan |
title_full |
Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan |
title_fullStr |
Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan |
title_full_unstemmed |
Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan |
title_sort |
peracangan typeface adaptasi motif ukir kasatriyan |
publisher |
FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46131 |
_version_ |
1741202342004391936 |