Reinterpretasi “Concerto in G Moll For Viola” Dalam Aspek WarnaSuara dan Gestur Musikal Karya Cecil Forsyth

Keberhasilan dalam sebuah konser musik tidak lepas dari kemampuanseorang penyaji membawakan karya sesuai dengan arti dan keindahan musik yangdibuat oleh seorang komposer. Penelitian dengan judul “Reinterpretasi “Concerto inG Moll For Viola” Dalam Aspek Warna Suara dan Gestur Musikal Karya CecilForsy...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MEGANTARA, Christian Mada
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi D4 Penyajian Musik FSP ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46404
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Keberhasilan dalam sebuah konser musik tidak lepas dari kemampuanseorang penyaji membawakan karya sesuai dengan arti dan keindahan musik yangdibuat oleh seorang komposer. Penelitian dengan judul “Reinterpretasi “Concerto inG Moll For Viola” Dalam Aspek Warna Suara dan Gestur Musikal Karya CecilForsyth” bertujuan untuk mempermudah penulis menyampaikan pesan musik dalamkarya Concerto in G Moll yang ditafsirkan kembali oleh penulis sesuai denganpemahaman dan analisis yang dimiliki oleh penulis. Dalam penelitian ini, penulismenggunakan konsep dari salah satu buku yang menjadi acuan untukmenginterpretasikan musik. Yang pertama adalah warna suara. Interpretasi dapatdibedakan dalam konsep warna suara, seperti halnya dalam instrumen gesek. Konsepkedua adalah konsep visual, yaitu ekspresi. Tentu ketiga bagian Concerto in G Mollini mempunyai perbedaan pada masing-masing bagiannya.Sumber data pada penelitian ini didapatkan dari data diskografi berupamasterclass dan buku yang berkaitan dengan interpretasi. Dilanjutkan denganmenyusun rancangan penyajian musik yang mencakup strategi, metode latihan dananalisa. Analisis menjadi modal penting agar penulis dapat menafsirkan kembalikarya Concerto in G Moll sesuai dengan pesan dan maksud komposer. Mulai darianalisis tema, frase, dan akor. Appassionato and Allegro con Spirito pada bagianpertama yang berarti bergairah dan cepat bersemangat. Andante un poco Sostenutopada bagian kedua dengan tempo yang relatif lebih lambat dari bagian pertama danberjalan penuh kesinambungan. Allegro con Fuoco pada bagian terakhir yang berarticepat, tegas dan berapi-api. Pada bagian penutup, tentu sang komposer menginginkanrepertoar ini diakhiri dengan kemegahan. Dengan rangkaian ini, maka penulis akanmenginterpretasikan karya Concerto in G Moll sesuai dengan maksud tertulis darikomposer sesuai dengan analisis musik yang penulis pahami.