Kain Batik Besurek Sebagai Media Promosi Busana Swarnabumei Karya Ir. Nanda Djangdjaja Dalam Fotografi Fashion

Pada masa kini batik sudah menjadi pakaian nasional bagi masyarakatIndonesia. Beragam corak batik telah diciptakan hingga menjadi sebuah identitasbagi setiap daerah Indonesia. Penciptaan tugas akhir ini akan membahas mengenaibatik khas Bengkulu yang disebut kain batik besurek (Bersurat), karya desai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANUGRAH, Alan Dwi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Fotografi Jurusan Fotografi FSMR ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46417
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-46417
record_format oai_dc
spelling isilib-464172022-07-22T15:35:12Z Kain Batik Besurek Sebagai Media Promosi Busana Swarnabumei Karya Ir. Nanda Djangdjaja Dalam Fotografi Fashion ANUGRAH, Alan Dwi batik besurek, media promosi, swarnabumei Prodi S-1 Fotografi Jurusan Fotografi FSMR ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46417 - FT/Anu/k/2022 Pada masa kini batik sudah menjadi pakaian nasional bagi masyarakatIndonesia. Beragam corak batik telah diciptakan hingga menjadi sebuah identitasbagi setiap daerah Indonesia. Penciptaan tugas akhir ini akan membahas mengenaibatik khas Bengkulu yang disebut kain batik besurek (Bersurat), karya desainer Ir.Nanda Djangdjaja. Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk lebih mempopulerkankain batik besurek, penciptaan ini bertujuan untuk memvisualkan kain batikbesurek karya Ir. Nanda Djangdjaja ke dalam fotografi fashion dengan konsep cutlighting.Metode yang digunakan dalam penciptaan karya fotografi ini menggunakankonsep cut lighting. Konsep ini menjadikan kain batik besurek pada karya seakanmendapatkan exposure (perhatian) lebih oleh mata audience. Cut lighting padabackground dibuat dengan berbagai macam bentuk dengan beberapa teknik,diantaranya berbentuk bulat, garis diagonal, lengkungan berbentuk jajar genjang,garis lengkung yang berulang, dan bunga rafflesia sebagai ikon Bengkulu. Hasilkarya akan diulas dengan teori pendekatan semiotika Roland Barthes yangmeliputi tanda-tanda visual berupa simbol. Simbol tersebut berupa corak dari kainbatik besurek berupa tulisan Arab gundul yang merupakan ciri khas kain batikBengkulu, dikombinasikan dengan flora bunga rafflesia dan bunga bangkai,kemudian fauna yaitu burung punai yang juga merupakan ikon Bengkulu.Hasil dari penciptaan karya fotografi komersial ini adalah karya-karya yangbervariasi yang bisa digunakan untuk materi promosi di akun Instagram@swarnabumei milik Ir. Nanda Djangdjaja. Yogyakarta xv, 148 hal.: 30 cm FT/Anu/k/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic batik besurek, media promosi, swarnabumei
FT/Anu/k/2022
spellingShingle batik besurek, media promosi, swarnabumei
FT/Anu/k/2022
ANUGRAH, Alan Dwi
Kain Batik Besurek Sebagai Media Promosi Busana Swarnabumei Karya Ir. Nanda Djangdjaja Dalam Fotografi Fashion
description Pada masa kini batik sudah menjadi pakaian nasional bagi masyarakatIndonesia. Beragam corak batik telah diciptakan hingga menjadi sebuah identitasbagi setiap daerah Indonesia. Penciptaan tugas akhir ini akan membahas mengenaibatik khas Bengkulu yang disebut kain batik besurek (Bersurat), karya desainer Ir.Nanda Djangdjaja. Dilatarbelakangi oleh keinginan untuk lebih mempopulerkankain batik besurek, penciptaan ini bertujuan untuk memvisualkan kain batikbesurek karya Ir. Nanda Djangdjaja ke dalam fotografi fashion dengan konsep cutlighting.Metode yang digunakan dalam penciptaan karya fotografi ini menggunakankonsep cut lighting. Konsep ini menjadikan kain batik besurek pada karya seakanmendapatkan exposure (perhatian) lebih oleh mata audience. Cut lighting padabackground dibuat dengan berbagai macam bentuk dengan beberapa teknik,diantaranya berbentuk bulat, garis diagonal, lengkungan berbentuk jajar genjang,garis lengkung yang berulang, dan bunga rafflesia sebagai ikon Bengkulu. Hasilkarya akan diulas dengan teori pendekatan semiotika Roland Barthes yangmeliputi tanda-tanda visual berupa simbol. Simbol tersebut berupa corak dari kainbatik besurek berupa tulisan Arab gundul yang merupakan ciri khas kain batikBengkulu, dikombinasikan dengan flora bunga rafflesia dan bunga bangkai,kemudian fauna yaitu burung punai yang juga merupakan ikon Bengkulu.Hasil dari penciptaan karya fotografi komersial ini adalah karya-karya yangbervariasi yang bisa digunakan untuk materi promosi di akun Instagram@swarnabumei milik Ir. Nanda Djangdjaja.
format Tugas Akhir
author ANUGRAH, Alan Dwi
author_facet ANUGRAH, Alan Dwi
author_sort ANUGRAH, Alan Dwi
title Kain Batik Besurek Sebagai Media Promosi Busana Swarnabumei Karya Ir. Nanda Djangdjaja Dalam Fotografi Fashion
title_short Kain Batik Besurek Sebagai Media Promosi Busana Swarnabumei Karya Ir. Nanda Djangdjaja Dalam Fotografi Fashion
title_full Kain Batik Besurek Sebagai Media Promosi Busana Swarnabumei Karya Ir. Nanda Djangdjaja Dalam Fotografi Fashion
title_fullStr Kain Batik Besurek Sebagai Media Promosi Busana Swarnabumei Karya Ir. Nanda Djangdjaja Dalam Fotografi Fashion
title_full_unstemmed Kain Batik Besurek Sebagai Media Promosi Busana Swarnabumei Karya Ir. Nanda Djangdjaja Dalam Fotografi Fashion
title_sort kain batik besurek sebagai media promosi busana swarnabumei karya ir. nanda djangdjaja dalam fotografi fashion
publisher Prodi S-1 Fotografi Jurusan Fotografi FSMR ISI Yogyakarta
publishDate 2022
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46417
_version_ 1741202394134347776