Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta
Jogja Music School Yogyakarta merupakan salah satu tempat kursus musikyang telah didirikan oleh seorang drummer sekaligus penguasaha yangbernama Chasan Muhammad sejak dari tahun 2009. Jogja Music School telahmenyelenggarakan tiga program kelas, yitu Private Class (kelas privat), GroupClass (kelas be...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46419 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-46419 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-464192022-07-25T08:27:22Z Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy vokal; teknik head resonance; pembelajaran Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46419 - MS/Nug/p/2022 Jogja Music School Yogyakarta merupakan salah satu tempat kursus musikyang telah didirikan oleh seorang drummer sekaligus penguasaha yangbernama Chasan Muhammad sejak dari tahun 2009. Jogja Music School telahmenyelenggarakan tiga program kelas, yitu Private Class (kelas privat), GroupClass (kelas berkelompok), dan Digital Music Producing & Recording Class.Pada proses pembelajarannya, Jogja Music School menyediakan pembalajaransecara tatap muka (offline) bagi murid yang berdomisili di daerah Yogyakartadan secara daring (online) yang diperuntukan bagi murid yang berada di luarkota Yogyakarta. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan teknikhead resonance terhadap murid vokal di Jogja Music School Yogyakarta padasaat bernyanyi. Hasil dari penelitan ini menunjukan bahwa penerapan teknikhead resonance dalam bernyanyi yaitu dengan mengajarkan bentukpemanasan pada saat sebelum bernyanyi, teknik pengambilan nafas yangbenar, posisi bernyanyi, intensitas latihan, dan metode pembelajaran. Setelahmelalui penelitian kualitatif diperoleh hasil sebagai berikut. Penerapan teknikhead resonance yang sudah diterapkan kepada murid Jogja Music School dapatditerima dengan baik, hal tersebut dibuktikan melalui meningkatnya hasilnilai pada saat ujian. Namun terdapat juga murid yang masih sering lupamengenai penerapan teknik head resonance, sehingga pengajar selalumengingatkan kembali mengenai penerapan teknik head resonance untukdigunakan pada saat bernyanyi Yogyakarta xii, 140 hal.: 30 cm MS/Nug/p/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
vokal; teknik head resonance; pembelajaran MS/Nug/p/2022 |
spellingShingle |
vokal; teknik head resonance; pembelajaran MS/Nug/p/2022 NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta |
description |
Jogja Music School Yogyakarta merupakan salah satu tempat kursus musikyang telah didirikan oleh seorang drummer sekaligus penguasaha yangbernama Chasan Muhammad sejak dari tahun 2009. Jogja Music School telahmenyelenggarakan tiga program kelas, yitu Private Class (kelas privat), GroupClass (kelas berkelompok), dan Digital Music Producing & Recording Class.Pada proses pembelajarannya, Jogja Music School menyediakan pembalajaransecara tatap muka (offline) bagi murid yang berdomisili di daerah Yogyakartadan secara daring (online) yang diperuntukan bagi murid yang berada di luarkota Yogyakarta. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan teknikhead resonance terhadap murid vokal di Jogja Music School Yogyakarta padasaat bernyanyi. Hasil dari penelitan ini menunjukan bahwa penerapan teknikhead resonance dalam bernyanyi yaitu dengan mengajarkan bentukpemanasan pada saat sebelum bernyanyi, teknik pengambilan nafas yangbenar, posisi bernyanyi, intensitas latihan, dan metode pembelajaran. Setelahmelalui penelitian kualitatif diperoleh hasil sebagai berikut. Penerapan teknikhead resonance yang sudah diterapkan kepada murid Jogja Music School dapatditerima dengan baik, hal tersebut dibuktikan melalui meningkatnya hasilnilai pada saat ujian. Namun terdapat juga murid yang masih sering lupamengenai penerapan teknik head resonance, sehingga pengajar selalumengingatkan kembali mengenai penerapan teknik head resonance untukdigunakan pada saat bernyanyi |
format |
Tugas Akhir |
author |
NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy |
author_facet |
NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy |
author_sort |
NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy |
title |
Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta |
title_short |
Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta |
title_full |
Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta |
title_fullStr |
Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta |
title_sort |
penerapan teknik head resonance dalam pembelajaran vokal pada siswa jogja music school yogyakarta |
publisher |
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46419 |
_version_ |
1741202394496106496 |