Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta

Jogja Music School Yogyakarta merupakan salah satu tempat kursus musikyang telah didirikan oleh seorang drummer sekaligus penguasaha yangbernama Chasan Muhammad sejak dari tahun 2009. Jogja Music School telahmenyelenggarakan tiga program kelas, yitu Private Class (kelas privat), GroupClass (kelas be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46419
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-46419
record_format oai_dc
spelling isilib-464192022-07-25T08:27:22Z Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy vokal; teknik head resonance; pembelajaran Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46419 - MS/Nug/p/2022 Jogja Music School Yogyakarta merupakan salah satu tempat kursus musikyang telah didirikan oleh seorang drummer sekaligus penguasaha yangbernama Chasan Muhammad sejak dari tahun 2009. Jogja Music School telahmenyelenggarakan tiga program kelas, yitu Private Class (kelas privat), GroupClass (kelas berkelompok), dan Digital Music Producing & Recording Class.Pada proses pembelajarannya, Jogja Music School menyediakan pembalajaransecara tatap muka (offline) bagi murid yang berdomisili di daerah Yogyakartadan secara daring (online) yang diperuntukan bagi murid yang berada di luarkota Yogyakarta. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan teknikhead resonance terhadap murid vokal di Jogja Music School Yogyakarta padasaat bernyanyi. Hasil dari penelitan ini menunjukan bahwa penerapan teknikhead resonance dalam bernyanyi yaitu dengan mengajarkan bentukpemanasan pada saat sebelum bernyanyi, teknik pengambilan nafas yangbenar, posisi bernyanyi, intensitas latihan, dan metode pembelajaran. Setelahmelalui penelitian kualitatif diperoleh hasil sebagai berikut. Penerapan teknikhead resonance yang sudah diterapkan kepada murid Jogja Music School dapatditerima dengan baik, hal tersebut dibuktikan melalui meningkatnya hasilnilai pada saat ujian. Namun terdapat juga murid yang masih sering lupamengenai penerapan teknik head resonance, sehingga pengajar selalumengingatkan kembali mengenai penerapan teknik head resonance untukdigunakan pada saat bernyanyi Yogyakarta xii, 140 hal.: 30 cm MS/Nug/p/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic vokal; teknik head resonance; pembelajaran
MS/Nug/p/2022
spellingShingle vokal; teknik head resonance; pembelajaran
MS/Nug/p/2022
NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy
Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta
description Jogja Music School Yogyakarta merupakan salah satu tempat kursus musikyang telah didirikan oleh seorang drummer sekaligus penguasaha yangbernama Chasan Muhammad sejak dari tahun 2009. Jogja Music School telahmenyelenggarakan tiga program kelas, yitu Private Class (kelas privat), GroupClass (kelas berkelompok), dan Digital Music Producing & Recording Class.Pada proses pembelajarannya, Jogja Music School menyediakan pembalajaransecara tatap muka (offline) bagi murid yang berdomisili di daerah Yogyakartadan secara daring (online) yang diperuntukan bagi murid yang berada di luarkota Yogyakarta. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan teknikhead resonance terhadap murid vokal di Jogja Music School Yogyakarta padasaat bernyanyi. Hasil dari penelitan ini menunjukan bahwa penerapan teknikhead resonance dalam bernyanyi yaitu dengan mengajarkan bentukpemanasan pada saat sebelum bernyanyi, teknik pengambilan nafas yangbenar, posisi bernyanyi, intensitas latihan, dan metode pembelajaran. Setelahmelalui penelitian kualitatif diperoleh hasil sebagai berikut. Penerapan teknikhead resonance yang sudah diterapkan kepada murid Jogja Music School dapatditerima dengan baik, hal tersebut dibuktikan melalui meningkatnya hasilnilai pada saat ujian. Namun terdapat juga murid yang masih sering lupamengenai penerapan teknik head resonance, sehingga pengajar selalumengingatkan kembali mengenai penerapan teknik head resonance untukdigunakan pada saat bernyanyi
format Tugas Akhir
author NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy
author_facet NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy
author_sort NUGRAHA, Chairun Nisa Sajdah Arsy
title Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta
title_short Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta
title_full Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta
title_fullStr Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta
title_full_unstemmed Penerapan Teknik Head Resonance Dalam Pembelajaran Vokal Pada Siswa jogja Music School Yogyakarta
title_sort penerapan teknik head resonance dalam pembelajaran vokal pada siswa jogja music school yogyakarta
publisher Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2022
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46419
_version_ 1741202394496106496