Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasildari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkangerak fisik dengan ak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LARASATI
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46420
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasildari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkangerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua panca indra.Pendekatan SAVI sangat sesuai dengan materi tembang dolanan karenadalam tembang dolanan, siswa diajak untuk bergerak (Somatic),menembangkan (melagukan) kembali tembang dolanan yang didengar(Auditory), dilihat melalui VCD/Video (Visual), dan yang terakhir mencaripesan-pesan yang terkandung di dalam lirik tembang dolanan (intellectual).Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalahkualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan modelMiles and Huberman yang melalui tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yangdiperoleh dalam penelitian ini adalah siswa mampu mengikuti, memahamidan merealisasikan dalam praktik pada proses pembelajaran tembangdolanan dengan menggunakan pendekatan savi dengan baik, oleh karenanyatujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil nilai-nilai positif yang diperolehdari pembelajaran tembang dolanan adalah tercermin pada sikap danperilaku siswa mengenai nilai-nilai solidaritas, toleransi, gotong royong, etikasosial, serta kebijaksanaan.