Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasildari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkangerak fisik dengan ak...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46420 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-46420 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-464202022-07-25T08:51:28Z Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta LARASATI pembelajaran; SAVI; tembang dolanan Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46420 - MS/Lar/p/2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasildari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkangerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua panca indra.Pendekatan SAVI sangat sesuai dengan materi tembang dolanan karenadalam tembang dolanan, siswa diajak untuk bergerak (Somatic),menembangkan (melagukan) kembali tembang dolanan yang didengar(Auditory), dilihat melalui VCD/Video (Visual), dan yang terakhir mencaripesan-pesan yang terkandung di dalam lirik tembang dolanan (intellectual).Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalahkualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan modelMiles and Huberman yang melalui tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yangdiperoleh dalam penelitian ini adalah siswa mampu mengikuti, memahamidan merealisasikan dalam praktik pada proses pembelajaran tembangdolanan dengan menggunakan pendekatan savi dengan baik, oleh karenanyatujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil nilai-nilai positif yang diperolehdari pembelajaran tembang dolanan adalah tercermin pada sikap danperilaku siswa mengenai nilai-nilai solidaritas, toleransi, gotong royong, etikasosial, serta kebijaksanaan. Yogyakarta xii, 89 hal.: 30 cm MS/Lar/p/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
pembelajaran; SAVI; tembang dolanan MS/Lar/p/2022 |
spellingShingle |
pembelajaran; SAVI; tembang dolanan MS/Lar/p/2022 LARASATI Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta |
description |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasildari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkangerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua panca indra.Pendekatan SAVI sangat sesuai dengan materi tembang dolanan karenadalam tembang dolanan, siswa diajak untuk bergerak (Somatic),menembangkan (melagukan) kembali tembang dolanan yang didengar(Auditory), dilihat melalui VCD/Video (Visual), dan yang terakhir mencaripesan-pesan yang terkandung di dalam lirik tembang dolanan (intellectual).Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalahkualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan modelMiles and Huberman yang melalui tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yangdiperoleh dalam penelitian ini adalah siswa mampu mengikuti, memahamidan merealisasikan dalam praktik pada proses pembelajaran tembangdolanan dengan menggunakan pendekatan savi dengan baik, oleh karenanyatujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil nilai-nilai positif yang diperolehdari pembelajaran tembang dolanan adalah tercermin pada sikap danperilaku siswa mengenai nilai-nilai solidaritas, toleransi, gotong royong, etikasosial, serta kebijaksanaan. |
format |
Tugas Akhir |
author |
LARASATI |
author_facet |
LARASATI |
author_sort |
LARASATI |
title |
Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta |
title_short |
Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta |
title_full |
Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta |
title_fullStr |
Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta |
title_sort |
pembelajaran tembang dolanan di sekolah dasar negeri pendemsari kabupaten sleman yogyakarta |
publisher |
Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46420 |
_version_ |
1741202394673315840 |