Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasildari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkangerak fisik dengan ak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LARASATI
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46420
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-46420
record_format oai_dc
spelling isilib-464202022-07-25T08:51:28Z Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta LARASATI pembelajaran; SAVI; tembang dolanan Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46420 - MS/Lar/p/2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasildari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkangerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua panca indra.Pendekatan SAVI sangat sesuai dengan materi tembang dolanan karenadalam tembang dolanan, siswa diajak untuk bergerak (Somatic),menembangkan (melagukan) kembali tembang dolanan yang didengar(Auditory), dilihat melalui VCD/Video (Visual), dan yang terakhir mencaripesan-pesan yang terkandung di dalam lirik tembang dolanan (intellectual).Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalahkualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan modelMiles and Huberman yang melalui tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yangdiperoleh dalam penelitian ini adalah siswa mampu mengikuti, memahamidan merealisasikan dalam praktik pada proses pembelajaran tembangdolanan dengan menggunakan pendekatan savi dengan baik, oleh karenanyatujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil nilai-nilai positif yang diperolehdari pembelajaran tembang dolanan adalah tercermin pada sikap danperilaku siswa mengenai nilai-nilai solidaritas, toleransi, gotong royong, etikasosial, serta kebijaksanaan. Yogyakarta xii, 89 hal.: 30 cm MS/Lar/p/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic pembelajaran; SAVI; tembang dolanan
MS/Lar/p/2022
spellingShingle pembelajaran; SAVI; tembang dolanan
MS/Lar/p/2022
LARASATI
Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasildari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkangerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua panca indra.Pendekatan SAVI sangat sesuai dengan materi tembang dolanan karenadalam tembang dolanan, siswa diajak untuk bergerak (Somatic),menembangkan (melagukan) kembali tembang dolanan yang didengar(Auditory), dilihat melalui VCD/Video (Visual), dan yang terakhir mencaripesan-pesan yang terkandung di dalam lirik tembang dolanan (intellectual).Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalahkualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan modelMiles and Huberman yang melalui tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yangdiperoleh dalam penelitian ini adalah siswa mampu mengikuti, memahamidan merealisasikan dalam praktik pada proses pembelajaran tembangdolanan dengan menggunakan pendekatan savi dengan baik, oleh karenanyatujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil nilai-nilai positif yang diperolehdari pembelajaran tembang dolanan adalah tercermin pada sikap danperilaku siswa mengenai nilai-nilai solidaritas, toleransi, gotong royong, etikasosial, serta kebijaksanaan.
format Tugas Akhir
author LARASATI
author_facet LARASATI
author_sort LARASATI
title Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
title_short Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
title_full Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
title_fullStr Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
title_full_unstemmed Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
title_sort pembelajaran tembang dolanan di sekolah dasar negeri pendemsari kabupaten sleman yogyakarta
publisher Prodi S-1 Pendidikan Musik FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2022
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46420
_version_ 1741202394673315840