Pembelajaran Teori Musik Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bermain Piano Siswa di Kawai Karawang Musik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran teori musik dalam pembelajaran piano di Kawai Karawang Musik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru piano dan dua siswa piano level pemula atau pemula. Data pene...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46426 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran teori musik dalam pembelajaran piano di Kawai Karawang Musik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru piano dan dua siswa piano level pemula atau pemula. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu tahap reduksi data, tampilan data, dan pengungkit data. Pembelajaran teori musik pada pembelajaran piano di Kawai Karawang Musik menggunakan buku utama, yaitu “Sound Tree” dan buku pendamping buku “Note Book” sebagai upaya meningkatkan kemampuan menjadi siswa piano. Dengan mengguankan buku “Sound Tree” dan “Note Book” dapat meningkatkan pemahaman teori musik siswa. |
---|