Perbandingan Metode Structured Practice dengan Free Practice pada Concert Etude Opus 40 Nomor 1 untuk Piano Karya Nikolai Kapustin

Berlatih piano tidak hanya melatih aspek-aspek musikal seperti frasering, tempo, dan dinamika, namun juga melatih aspek non-musikal seperti kedisiplinan dan memori. Oleh karena itu, penulis meneliti perbandingan dua metode latihan, yaitu latihan terstruktur dan latihan bebas menggunakan Concert Etud...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ABIELA, Rachel Nadia
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2021
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46431
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Berlatih piano tidak hanya melatih aspek-aspek musikal seperti frasering, tempo, dan dinamika, namun juga melatih aspek non-musikal seperti kedisiplinan dan memori. Oleh karena itu, penulis meneliti perbandingan dua metode latihan, yaitu latihan terstruktur dan latihan bebas menggunakan Concert Etude Op. 40 No. 1 karya Nikolai Kapustin. Etude pada umumnya fokus melatih satu teknik saja, namun Concert Etude Op. 40 tidak. 1 melatih beberapa teknik seperti lompatan lebar pada tangan kiri, oktaf, ritme, dan juga voicing. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui keberhasilan latihan Concert Etude Op.40 No.1 dengan menggunakan metode latihan terstruktur dan latihan bebas, 2) untuk melihat perbandingan efektivitas metode latihan terstruktur dan latihan bebas. Dalam melakukan penelitian, metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan musikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan praktik terstruktur dapat mengoptimalkan mahasiswa untuk melihat detail aspek-aspek musikal pada karya yang sedang diinginkan.