Model Pembelajaran Role Playing Pada Langen Carita "Prawiratama" Dalam Kontingen Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Tahun 2021
Langen Carita diciptakan untuk memberikan ruang berkesenian kepadaanak-anak di bawah usia 12 tahun. Pemerintah Derah Istimewa Yogyakartamengadakan Festival Langen Carita sebagai bentuk melestarikan danmengembangkan potensi kebudayaan serta mensosialisasikan tata nilai budayamelalui seni pertunjukan....
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan Jur. PSP ISI Yogyakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46443 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-46443 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-464432022-07-28T10:26:43Z Model Pembelajaran Role Playing Pada Langen Carita "Prawiratama" Dalam Kontingen Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Tahun 2021 PRABOWO, Singgih Yusuf Langen Carita, Model Pembelajaran, Role Playing Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan Jur. PSP ISI Yogyakarta 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46443 - PSP/Pra/m/2022 Langen Carita diciptakan untuk memberikan ruang berkesenian kepadaanak-anak di bawah usia 12 tahun. Pemerintah Derah Istimewa Yogyakartamengadakan Festival Langen Carita sebagai bentuk melestarikan danmengembangkan potensi kebudayaan serta mensosialisasikan tata nilai budayamelalui seni pertunjukan. Langen Carita Kapanewon Samigaluh berprestasi dantetap eksis dari awal diadakannya festival sampai saat ini. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran role playing dalamLangen Carita di Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumberdata dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.Sumber data primer meliputi pelatih, peserta, dan orang tua. Sumber data sekunderberupa foto-foto proses latihan hingga pementasan dan video yang terkait denganpembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, studi Pustaka, dan dokumentasi. Kemudian data divalidasimenggunakan teknik trianggulasi sumber. Data yang diperoleh dianalisismenggunakan analisis kualitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Role Playingpada Langen Carita “Prawiratama” dalam Kontingen Kapanewon SamigaluhKabupaten Kulonprogo Tahun 2021 diawali dengan rekrutmen anggota, persiapanpembelajaran, role playing, proses latihan, teknik pementasan, dan evaluasi. Prosespembelajaran berjalan cukup efektif sehingga berdampak pada prestasi yangkonsisten. Yogyakarta xx, 122 hal.: 30 cm PSP/Pra/m/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Langen Carita, Model Pembelajaran, Role Playing PSP/Pra/m/2022 |
spellingShingle |
Langen Carita, Model Pembelajaran, Role Playing PSP/Pra/m/2022 PRABOWO, Singgih Yusuf Model Pembelajaran Role Playing Pada Langen Carita "Prawiratama" Dalam Kontingen Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Tahun 2021 |
description |
Langen Carita diciptakan untuk memberikan ruang berkesenian kepadaanak-anak di bawah usia 12 tahun. Pemerintah Derah Istimewa Yogyakartamengadakan Festival Langen Carita sebagai bentuk melestarikan danmengembangkan potensi kebudayaan serta mensosialisasikan tata nilai budayamelalui seni pertunjukan. Langen Carita Kapanewon Samigaluh berprestasi dantetap eksis dari awal diadakannya festival sampai saat ini. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran role playing dalamLangen Carita di Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulon Progo.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumberdata dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.Sumber data primer meliputi pelatih, peserta, dan orang tua. Sumber data sekunderberupa foto-foto proses latihan hingga pementasan dan video yang terkait denganpembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara, studi Pustaka, dan dokumentasi. Kemudian data divalidasimenggunakan teknik trianggulasi sumber. Data yang diperoleh dianalisismenggunakan analisis kualitatif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Role Playingpada Langen Carita “Prawiratama” dalam Kontingen Kapanewon SamigaluhKabupaten Kulonprogo Tahun 2021 diawali dengan rekrutmen anggota, persiapanpembelajaran, role playing, proses latihan, teknik pementasan, dan evaluasi. Prosespembelajaran berjalan cukup efektif sehingga berdampak pada prestasi yangkonsisten. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PRABOWO, Singgih Yusuf |
author_facet |
PRABOWO, Singgih Yusuf |
author_sort |
PRABOWO, Singgih Yusuf |
title |
Model Pembelajaran Role Playing Pada Langen Carita "Prawiratama" Dalam Kontingen Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Tahun 2021 |
title_short |
Model Pembelajaran Role Playing Pada Langen Carita "Prawiratama" Dalam Kontingen Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Tahun 2021 |
title_full |
Model Pembelajaran Role Playing Pada Langen Carita "Prawiratama" Dalam Kontingen Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Tahun 2021 |
title_fullStr |
Model Pembelajaran Role Playing Pada Langen Carita "Prawiratama" Dalam Kontingen Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Tahun 2021 |
title_full_unstemmed |
Model Pembelajaran Role Playing Pada Langen Carita "Prawiratama" Dalam Kontingen Kapanewon Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Tahun 2021 |
title_sort |
model pembelajaran role playing pada langen carita "prawiratama" dalam kontingen kapanewon samigaluh kabupaten kulonprogo tahun 2021 |
publisher |
Prodi S1 Pendidikan Seni Pertunjukan Jur. PSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46443 |
_version_ |
1741202398797365248 |