Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit
Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Dewa Ra Sebagai SumberInspirasi Pembuatan Tas Kulit. Penciptaan ini didorong adanya ketertarikanterhadap ornamen Dewa Ra dan bentuk ornamen yang ada di Mesir Kuno.Adanya penciptaan ini bermaksud menambah wawasan masyarakat terhahapkarya kriya kulit dan meng...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
KKL/San/d/2022
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46445 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-46445 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-464452022-07-28T13:29:10Z Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit SANTOSO, Rahmad Rofki Mitologi Mesir, Ornamen Dewa Ra , Messenger Bag KKL/San/d/2022 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46445 - KKL/San/d/2022 Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Dewa Ra Sebagai SumberInspirasi Pembuatan Tas Kulit. Penciptaan ini didorong adanya ketertarikanterhadap ornamen Dewa Ra dan bentuk ornamen yang ada di Mesir Kuno.Adanya penciptaan ini bermaksud menambah wawasan masyarakat terhahapkarya kriya kulit dan mengenal ornamen di luar Asia dari seni rupa timur purba.Rumusan penciptaan dalam Tugas Akhir ini yaitu bagaimana konsep penciptaankarya, bagaimana proses penciptaan karya, dan bagaimana hasil karya tas kulitjenis messenger bag, waist bag, dan duffel bag dengan menerapkan bentuk danornamen Dewa Ra.Metode penciptaan yang digunakan pada Tugas Ahir ini adalahpendekatan estetika dari Dharsono Soni Kartika dengan sifat-sifat yangmenjadikan keindahan dari benda estetis yaitu, kesatuan (unity), kerumitan(complexity), dan kesungguhan (intensity), sehingga tercipta karya seni yangdiharapkan. Adapun pendekatan ergonomi yang digunakan untuk karya dirancangsesuai ukuran standar manusia menggunakan data antropometri, sehinggaterciptanya karya yang aman, nyaman, dan mudah dalam penggunaanya. Bahanyang digunakan adalah kulit nabati natural dan diwarna merah, biru, coklat, emasdan warna khas yang ada di Mesir Kuno. Proses pengerjaan secara manual mulaidari perwarnaan, tahap pyrograpy, dan menjahit.Penciptaan Tugas Akhir ini menghasilkan lima karya, yaitu (1) “ Berjaya”,(2) “Kehihupan”, (3) “Perkasa”, (4) “Perjalanan”, (5) “Egyptian God Ra”. Melaluikarya-karya ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam memberikanpenyegaran baik secara visual karya kriya kulit di dalam lingkungan akademisiserta dapat menjadi pijakan khususnya penulis dalam berkarya ke depannya. Yogyakarta xv, 97 hal.: 30 cm KKL/San/d/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Mitologi Mesir, Ornamen Dewa Ra , Messenger Bag KKL/San/d/2022 |
spellingShingle |
Mitologi Mesir, Ornamen Dewa Ra , Messenger Bag KKL/San/d/2022 SANTOSO, Rahmad Rofki Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit |
description |
Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Dewa Ra Sebagai SumberInspirasi Pembuatan Tas Kulit. Penciptaan ini didorong adanya ketertarikanterhadap ornamen Dewa Ra dan bentuk ornamen yang ada di Mesir Kuno.Adanya penciptaan ini bermaksud menambah wawasan masyarakat terhahapkarya kriya kulit dan mengenal ornamen di luar Asia dari seni rupa timur purba.Rumusan penciptaan dalam Tugas Akhir ini yaitu bagaimana konsep penciptaankarya, bagaimana proses penciptaan karya, dan bagaimana hasil karya tas kulitjenis messenger bag, waist bag, dan duffel bag dengan menerapkan bentuk danornamen Dewa Ra.Metode penciptaan yang digunakan pada Tugas Ahir ini adalahpendekatan estetika dari Dharsono Soni Kartika dengan sifat-sifat yangmenjadikan keindahan dari benda estetis yaitu, kesatuan (unity), kerumitan(complexity), dan kesungguhan (intensity), sehingga tercipta karya seni yangdiharapkan. Adapun pendekatan ergonomi yang digunakan untuk karya dirancangsesuai ukuran standar manusia menggunakan data antropometri, sehinggaterciptanya karya yang aman, nyaman, dan mudah dalam penggunaanya. Bahanyang digunakan adalah kulit nabati natural dan diwarna merah, biru, coklat, emasdan warna khas yang ada di Mesir Kuno. Proses pengerjaan secara manual mulaidari perwarnaan, tahap pyrograpy, dan menjahit.Penciptaan Tugas Akhir ini menghasilkan lima karya, yaitu (1) “ Berjaya”,(2) “Kehihupan”, (3) “Perkasa”, (4) “Perjalanan”, (5) “Egyptian God Ra”. Melaluikarya-karya ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam memberikanpenyegaran baik secara visual karya kriya kulit di dalam lingkungan akademisiserta dapat menjadi pijakan khususnya penulis dalam berkarya ke depannya. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SANTOSO, Rahmad Rofki |
author_facet |
SANTOSO, Rahmad Rofki |
author_sort |
SANTOSO, Rahmad Rofki |
title |
Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit |
title_short |
Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit |
title_full |
Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit |
title_fullStr |
Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit |
title_full_unstemmed |
Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit |
title_sort |
dewa ra sebagai sumber inspirasi pembuatan tas kulit |
publisher |
KKL/San/d/2022 |
publishDate |
2022 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46445 |
_version_ |
1741202399161221120 |