Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit

Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Dewa Ra Sebagai SumberInspirasi Pembuatan Tas Kulit. Penciptaan ini didorong adanya ketertarikanterhadap ornamen Dewa Ra dan bentuk ornamen yang ada di Mesir Kuno.Adanya penciptaan ini bermaksud menambah wawasan masyarakat terhahapkarya kriya kulit dan meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTOSO, Rahmad Rofki
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: KKL/San/d/2022 2022
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46445
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-46445
record_format oai_dc
spelling isilib-464452022-07-28T13:29:10Z Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit SANTOSO, Rahmad Rofki Mitologi Mesir, Ornamen Dewa Ra , Messenger Bag KKL/San/d/2022 2022 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46445 - KKL/San/d/2022 Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Dewa Ra Sebagai SumberInspirasi Pembuatan Tas Kulit. Penciptaan ini didorong adanya ketertarikanterhadap ornamen Dewa Ra dan bentuk ornamen yang ada di Mesir Kuno.Adanya penciptaan ini bermaksud menambah wawasan masyarakat terhahapkarya kriya kulit dan mengenal ornamen di luar Asia dari seni rupa timur purba.Rumusan penciptaan dalam Tugas Akhir ini yaitu bagaimana konsep penciptaankarya, bagaimana proses penciptaan karya, dan bagaimana hasil karya tas kulitjenis messenger bag, waist bag, dan duffel bag dengan menerapkan bentuk danornamen Dewa Ra.Metode penciptaan yang digunakan pada Tugas Ahir ini adalahpendekatan estetika dari Dharsono Soni Kartika dengan sifat-sifat yangmenjadikan keindahan dari benda estetis yaitu, kesatuan (unity), kerumitan(complexity), dan kesungguhan (intensity), sehingga tercipta karya seni yangdiharapkan. Adapun pendekatan ergonomi yang digunakan untuk karya dirancangsesuai ukuran standar manusia menggunakan data antropometri, sehinggaterciptanya karya yang aman, nyaman, dan mudah dalam penggunaanya. Bahanyang digunakan adalah kulit nabati natural dan diwarna merah, biru, coklat, emasdan warna khas yang ada di Mesir Kuno. Proses pengerjaan secara manual mulaidari perwarnaan, tahap pyrograpy, dan menjahit.Penciptaan Tugas Akhir ini menghasilkan lima karya, yaitu (1) “ Berjaya”,(2) “Kehihupan”, (3) “Perkasa”, (4) “Perjalanan”, (5) “Egyptian God Ra”. Melaluikarya-karya ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam memberikanpenyegaran baik secara visual karya kriya kulit di dalam lingkungan akademisiserta dapat menjadi pijakan khususnya penulis dalam berkarya ke depannya. Yogyakarta xv, 97 hal.: 30 cm KKL/San/d/2022 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Mitologi Mesir, Ornamen Dewa Ra , Messenger Bag
KKL/San/d/2022
spellingShingle Mitologi Mesir, Ornamen Dewa Ra , Messenger Bag
KKL/San/d/2022
SANTOSO, Rahmad Rofki
Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit
description Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Dewa Ra Sebagai SumberInspirasi Pembuatan Tas Kulit. Penciptaan ini didorong adanya ketertarikanterhadap ornamen Dewa Ra dan bentuk ornamen yang ada di Mesir Kuno.Adanya penciptaan ini bermaksud menambah wawasan masyarakat terhahapkarya kriya kulit dan mengenal ornamen di luar Asia dari seni rupa timur purba.Rumusan penciptaan dalam Tugas Akhir ini yaitu bagaimana konsep penciptaankarya, bagaimana proses penciptaan karya, dan bagaimana hasil karya tas kulitjenis messenger bag, waist bag, dan duffel bag dengan menerapkan bentuk danornamen Dewa Ra.Metode penciptaan yang digunakan pada Tugas Ahir ini adalahpendekatan estetika dari Dharsono Soni Kartika dengan sifat-sifat yangmenjadikan keindahan dari benda estetis yaitu, kesatuan (unity), kerumitan(complexity), dan kesungguhan (intensity), sehingga tercipta karya seni yangdiharapkan. Adapun pendekatan ergonomi yang digunakan untuk karya dirancangsesuai ukuran standar manusia menggunakan data antropometri, sehinggaterciptanya karya yang aman, nyaman, dan mudah dalam penggunaanya. Bahanyang digunakan adalah kulit nabati natural dan diwarna merah, biru, coklat, emasdan warna khas yang ada di Mesir Kuno. Proses pengerjaan secara manual mulaidari perwarnaan, tahap pyrograpy, dan menjahit.Penciptaan Tugas Akhir ini menghasilkan lima karya, yaitu (1) “ Berjaya”,(2) “Kehihupan”, (3) “Perkasa”, (4) “Perjalanan”, (5) “Egyptian God Ra”. Melaluikarya-karya ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata dalam memberikanpenyegaran baik secara visual karya kriya kulit di dalam lingkungan akademisiserta dapat menjadi pijakan khususnya penulis dalam berkarya ke depannya.
format Tugas Akhir
author SANTOSO, Rahmad Rofki
author_facet SANTOSO, Rahmad Rofki
author_sort SANTOSO, Rahmad Rofki
title Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit
title_short Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit
title_full Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit
title_fullStr Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit
title_full_unstemmed Dewa Ra Sebagai Sumber Inspirasi Pembuatan Tas Kulit
title_sort dewa ra sebagai sumber inspirasi pembuatan tas kulit
publisher KKL/San/d/2022
publishDate 2022
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=46445
_version_ 1741202399161221120